Advertisement

Diterpa Angin Kencang, Puluhan Pohon di Bantul Tumbang, 2 Orang Jadi Korban

Catur Dwi Janati
Rabu, 27 April 2022 - 19:17 WIB
Arief Junianto
Diterpa Angin Kencang, Puluhan Pohon di Bantul Tumbang, 2 Orang Jadi Korban Proses evakuasi pohon tumbang di Bantul, Rabu (27/4/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Bantul menyebabkan sejumlah pohon tumbang. Tak hanya menimpa bangunan dan menghambat akses jalan, setidaknya ada dua orang menjadi korban akibat pohon tumbang tersebut.

"Banyak pohon tumbang. Pukul 15.00 WIB-15.30 WIB di Pusdalops tadi baru ada 10 dan itu berkembang terus yang tumbang. Ada yang di Bambanglipuro, di Kasihan, terus ada di Bakulan dan sebagainya. Jadi teman-teman sibuk semua belum sempat merekap," kata Kepala Pelaksana BPBD Bantul, Agus Yuli Herwanta, Rabu (27/4).

Advertisement

BACA JUGA: Dapat Catatan BPK, Ini Alasan Pemkab Bantul Ngeyel Tetap Anggarkan Jamkesda

Berdasarkan data sementara, hingga pukul 16.45 WIB, kejadian hujan dan angin kencang menyebabkan lebih dari 20 pohon tumbang di Kapanewon Kasihan, Sewon, Banguntapan, Jetis, Sanden, Bambanglipuro, hingga Imogiri.

"Dampaknya menutup akses jalan di 15 titik dan menimpa jaringan listrik di tiga titik. Selain itu angin kencang juga menyebabkan kerusakan di tiga rumah," ujarnya.

Tak hanya itu, pohon tumbang juga menutup akses jalan di sisi utara SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. Sementara di timur Pabrik Madukismo menuju arah Ring Road, sebuah pohon tumbang menimpa kabel listrik

Sementara itu di selatan perempatan Bakulan, Jetis, pohon tumbang juga menutup akses jalan dan menimpa jaringan telepon dan menutup akses Jalan Parangtritis.

Tak hanya itu, hujan dan angin kencang kali ini juga menyebabkan dua warga mengalami luka ringan. "Dua korban luka ringan terkondisi oleh PSC 119 dengan lokasi kejadian di perempatan Ketandan, Banguntapan. Sementara sampe sore ini dan masih berkembang," tandasnya.

BACA JUGA: Malioboro Padat saat Lebaran, Sultan: Orang Belum Lega Kalau Belum Lewat Malioboro

Advertisement

Bencana hidrometeorologi ini juga menyebabkan satu rumpun bambu di aliran Kali Gawe roboh. "Lokasi di Pasar Kebon Empring. Posisi memenuhi lebar sungai," ujarnya.

Mengingat risiko bencana yang masih dapat terus timbul pada akhir April ini, Agus mengimbau warga berhati-hati saat beraktivitas di tengah hujan dan angin kencang. "Cari tempat yang aman. Jangan berhenti di dekat pohon besar," terangnya.

"Jangan berlindung di bawah baliho, jembatan. Hindari mengendarai kendaraan saat akan menghindari angin kencang. Tiarap pada tempat serendah mungkin," tegasnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Akhirnya Tahan Tersangka Korupsi Helikopter AW-101

News
| Selasa, 24 Mei 2022, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Arti 4 Prasasti yang Tertempel di Tugu Jogja

Wisata
| Senin, 23 Mei 2022, 14:27 WIB

Advertisement

Advertisement