Advertisement

Khusus Lebaran, Jembatan Anyar Bantul Ini Bakal Dibuka

Ujang Hasanudin
Kamis, 28 April 2022 - 22:57 WIB
Arief Junianto
Khusus Lebaran, Jembatan Anyar Bantul Ini Bakal Dibuka Gambar maket Jembatan Kretek 2. - Twitter Pemkab Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Dinas Perhubungan dan Satuan Lalu Lintas Polres Bantul memastkan Jembatan Kretek 2 di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) akan dibuka sementara selama libur lebaran untuk memperlancar arus lalu lintas bagi para pemudik maupun wisatawan.

Akan tetapi pembukaan jembatan yang baru selesai dibangun itu hanya sementara dan akan ditutup kembali setelah libur Lebaran.

Advertisement

“Dalam rangka memperlancar arus mudik Lebaran 2022, Jembatan Kretek 2 dibuka walaupun tidak penuh tapi stengah jalur mulai tanggal 29 April sampai 6 Mei. Mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB,” kata Sekretaris Dinas Perhubungan Bantul, Singgih Riyadi, dalam jumpa pers di Pendopo Parasamya, kompleks Pemerintah Kabupaten Bantul, Kamis (28/4/2022).

BACA JUGA: Hujan Angin Porak-porandakan Bantul, BPBD: Kerugian Capai Ratusan Juta Rupiah

Untuk itu, pihaknya sudah rapat dengan pihak Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) terkait dengan pengoperasian sementara Jembatan Kretek 2. Singgih mengatakan Jembatan Kretek 2 bisa menjadi jalur alternatif pemudik dari arah barat yang akan menuju wilayah Gunungkidul DIY, Wonogiri Jawa Tengah dan sekitarnya yang bisa dilalui dari JJLS.

Dengan demikian bisa mengurangi kepadatan di Jalan Jogja-Wonosari dan Jalan Parangtritis. Sejumlah petunjuk arah sudah disiapkan mulai dari Srandakan dan Jalan Jogja-Wates maupun di Jalan Parangtritis.

Namun karena Jembatan Kretek 2 tersebut memiliki daya tarik dengan pemandangan yang bagus sehingga dikhawatirkan menjadi ajang swafoto para wisatawan dan pemudik. Karena itu pihaknya akan menempatkan personel di jembatan tersebut supaya kendaraan pemudik maupun kendaraan wisatawan tidak berhenti disepanjang jembatan yang memiliki panjang sekitar dua kilometer.

“Karena view-nya di sana bagus, kami antisipasi jangan ada pemudik dan wisatawan berhenti untuk foto-foto itu kami hindari makanya kami tempatkan personel,” ucap Singgih.

BACA JUGA: Penurunan Covid-19 di Bantul Diklaim Bukan Angka Semu, Ini Indikasinya

Kasatlantas Polres Bantul, AKP Gunawan Setiyabudi menambahkan JJLS akan menjadi jalur pengurai di Jalan Parangtritis yang diperkirakan mulai padat pada H+1 lebaran. Nantinya wisatawan yang dari Parangtritis pulangnya akan diarahkan ke JJLS wilayah Barat melalui Jembatan Kretek 2 kemudian bisa melewati Jalan Bantul.

“Bubarannnya [kendaraan] wisatawan dari  Parangtritis dibuang lewat situ [Jembatan Kretek 2] nanti lewat TPR Samas ke utara jalan Bantul. Sehingga Jalan Parangtritis nantinya diharapkan tidak terlalu padat,” kata Gunawan.

Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres Bantul juga melakukan rekayasa lalu lintas di Jalan Parangtritis dengan mengalihkan kendaraan besar yang hendak menuju Parangtritis melalui sempalan Pundong yang tembus di selatan Jembatan Kretek lama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement