Advertisement

Bakal Ada Taman & Ornamen Tugu, Jembatan Kretek 2 Bakal Jadi Daya Tarik di JJLS  

Sunartono
Rabu, 16 Maret 2022 - 21:07 WIB
Bhekti Suryani
Bakal Ada Taman & Ornamen Tugu, Jembatan Kretek 2 Bakal Jadi Daya Tarik di JJLS   Proyek JJLS - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Jembatan Kretek 2 yang menghubungkan Jalur Jalan Lingkar Selatan (JJLS) yang membelah Sungai Opak, di Kretek, Bantul bakal menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna jalur Pantai Selatan Jawa (Pansela). Jembatan yang ditarget selesai dibangun di 2022 ini dilengkapi dengan beragam ornamen dan taman di sekitarnya yang bakal menjadi daya tarik setelah Kelok 18.

Kepala Satker Pelaksana Jalan Nasional (PJN) DIY Muhammad Shidiq Hidayat menjelaskan perkembangan pembangunan jembatan Kretek 2 saat ini sudah mencapai 80%. Jumlah duit yang sudah dikeluarkan untuk pembangunan jembatan ini sudah terserap sekitar Rp300 miliar. Adapun proses penyelesaian antara lain melengkapi sambungan beton, pengaspalan dan proses beautifikasi atau memperindah visual jembatan. 

“Saat ini sudah on going untuk beautifikasi , sedikit lagi selesai karena memang target tahun selesai untuk Jembatan Kretek 2,” katanya kepada Harianjogja.com, Rabu (16/3/2022). 

Shidiq menambahkan untuk memperindah Jembatan Kretek dengan beragam instalasi seni, ia melibatkan seniman lokal yang serupa dengan pengerjaan ornamen di Underpass YIA. Secara detail, ornamen yang ada di jembatan ini antara lain Tugu Jogja dan Lampu khas Jogja serta beragam keunikan kesenian lokal lainnya.

“Itu ada ornamen sudah sesuai dari awal, sudah detailing juga, ada tugu lampu, ornamen di pagar, ornamen. Pengerjaan kami melibatkan seniman lokal,” ucapnya.

 BACA JUGA: Makin Mahal! HET Minyak Goreng Dicabut, Harga Kemasan Hari Ini Rp24.000 per Liter

Selain ornamen, saat ini sedang dalam proses pembangunan taman di sekitar jembatan. Taman ini dibangun di sisi timur tempatnya di selatan jalan. Sehingga para pengendara bisa melihat langsung keindahan taman tersebut.

“Kami mencoba dengan membangun lansekap taman di sebelahnya. Tamannya sisi timur selatan, begitu orang ke sana lewat akan mendapatkan suasana berbeda dengan melihat taman. Bisa jadi daya tarik tersendiri nantinya,” ucapnya.

 

 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Rayakan HUT TI, Warga Segrumung Kaget Didatangi Ganjar Pranowo

News
| Kamis, 18 Agustus 2022, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Paspor Indonesia Tanpa Kolom Tanda Tangan untuk Permohonan Visa Jerman Tetap Diproses

Wisata
| Kamis, 18 Agustus 2022, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement