Advertisement

Ada Keluhan saat Piknik ke Jogja, Hubungi saja Nomor Ini

Yosef Leon
Jum'at, 29 April 2022 - 21:37 WIB
Arief Junianto
Ada Keluhan saat Piknik ke Jogja, Hubungi saja Nomor Ini Salah satu spot foto menarik di Jogja yang terletak di kompleks Teras Malioboro 1 - Instagram @terasmalioboro_

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Libur Lebaran tahun ini, Kota Jogja bakal diserbu wisatawan. Itulah sebabnya, guna menjamin kenyamanan pelancong dalam berwisata, Dinas Pariwisata Jogja menyiapkan nomor telepon khusus aduan untuk menampung dan menindaklanjuti keluhan pengunjung soal pariwisata di Jogja. Nomor aduan ini juga terintegrasi dengan puluhan organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada di Jogja.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Jogja, Wahyu Hendratmoko mengatakan diperkirakan ada sebanyak 3,9 juta wisatawan dan pemudik yang nantinya bakal masuk ke wilayah Jogja pada masa libur Lebaran nanti. Oleh karena itu, Pemkot ingin memastikan bahwa pelayanan mesti optimal di lapangan dan aduan harus ditangani secara terintegrasi oleh setiap OPD.

"Ini harus menjadi sarana untuk promosi bahwa pariwisata Jogja ini nyaman, aman dan sehat untuk dikunjungi wisatawan kapan pun mereka merencanakan liburan," ujarnya, Jumat (29/4/2022).

BACA JUGA: Uskup Resmikan Perkumpulan Profesional dan Usahawan Katolik DIY 

Wahyu menerangkan, ada sebanyak 13 jenis usaha pariwisata dan 17 sektor ekonomi kreatif yang akan beroperasi di libur Lebaran ini. Pihaknya pun telah menyiapkan strategi dan persiapan. Salah satunya melalui layanan aduan dan informasi. Layanan bisa diakses oleh pengunjung via WhatsApp dengan menghubungi nomor telepon yang sudah disiapkan.

"Nanti bisa mengubungi 081138701777. Nomor ini kami gunakan aplikasi yang sudah umum semua orang memilikinya yakni WA untuk bisa menyampaikan informasi dan aduan kepariwisataan," katanya.

Wahyu menambahkan, layanan ini digawangi oleh tim lintas OPD dan ada sekitar 28 yang terlibat di dalamnya. Sehingga tiap aduan dan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat nantinya akan diteruskan ke OPD pengampu untuk kemudian ditindaklanjuti.

BACA JUGA: Paguyuban Kusir Andong DIY Pastikan Anggotanya Tidak Nuthuk

Aduan dan informasi yang diperlukan juga tidak hanya menyangkut kepariwisataan, namun segala hal baik itu kesehatan maupun layanan lainnya.

"Jadi ada kontak person tiap instansi yang dapat membalas minimal eselon 3. Agar memiliki kewenangan untuk menggerakkan unitnya segera melaksanakan respon cepat ini," imbuhnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Indonesia Ternyata Produsen Sarang Burung Walet Terbesar di Dunia

News
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 18:47 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement