Advertisement

SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Bagi Takjil dan zakat

Media Digital
Jum'at, 29 April 2022 - 06:27 WIB
Jumali
SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Bagi Takjil dan zakat Siswa SMK Muhammadiyah 1 Moyudan membagi takjil di perempatan Gedongan, Sleman, Rabu (27/4 - 2022) / Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Sekolah Menengah Kejuaruan (SMK) Muhammadiyah 1 Moyudan atau SMK Musamo membagi takjil dan zakat fitrah, Rabu (27/4/2022).

Dari kegiatan tersebut terkumpul ratusan kilogram beras untuk zakat yang kemudian dibagikan kepada Jemaah masjid, panti asuhan dan warga yang membutuhkan dan sudah dibagikan 3.382 paket takjil.

Kepala Sekolah SMK Musamo Fardian Imam Mutaqin, mengatakan, pembagian takjil dilakukan di simpang empat Gedongan Sleman dari tanggal 4-29 April 2022. Rentang tanggal itu sesuai dengan kelas atau rombongan belajar, karyawan dan guru,karena kegiatan itu dilakukan oleh semua siswa,guru dan karyawan.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Setiap hari ada satu kelas yang melakukan dan didampingi oleh dusa sampai tiga orang. Sumber dana dua kegiatan ini sangat dominan dari lazizmu Musamo serta dari beberapa donatur.

“Setiap hari kami melakukan pembagian minimal 100 paket takjil dasan saat ini sudah terkumpul 3.382 paket takjil. Harapan kami, kegiatan ini bisa lebih mengasah jiwa sosial tetapi tetap dalam tujuan ibadah atau dalam melakukan amal ibadah yg bernilai sosial,” kata Fardian.

“Kedua, profesionalisme dalam pengelolaan manajemen keuangan dan kegiatan bagi siswa. Siswa akan kami beri dana dan mereka akan mengelola dananya dan kemudian membuat dokumentasi dan melaporkannya, Ini juga untuk mengasah kejujuran siswa dan warga sekolah lainnya,” lanjutnya.

Sementara kegiatan sosial yang diselenggarakan pada bulan Ramadan ini untuk zakat fitrah dikelola Lazismu SMK Musamo.

“Kegiatan ini rutin diadakan setiap tahun tapi untuk tahun ini untuk pengelaolaannya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Saat ini kami sudah menggunakan standar dari lazizmu, sementara untuk tahun sebelumnya kami hanya dengan koordinir salah satu panitia,” katanya.

Untuk pengumpulan pengumpulan zakat sudah dilakukan sejak 4 April – 20 April 2022. Sementara pembagiannya pada 21-28 April 2022.

Advertisement

“Antusias masyarakat cukup tinggi. Begitu pula dnegan sebagai penerima yang merespon sangat positif mengingat kondisi pandemi seperti saat ini. Ada 75 penerima, dengan rincian 53 dari masyarakat lingkungan sekolah dan 22 orang dari masyarakat umum. Untuk individu masing-masing mendapatkan beras 5 kg kalau utk jamaah masjid 25 kg, Jumlah penerima ada kemungkinan bertambah,” jelas Imam.

Imam mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk pertama memfasilitasi ibadah karena zakat fitrah merupakan ibadah wajib bagi umat islam. Ini Juga bermanfaat untuk melatih jiwa sosial, di samping itu juga mengembangkan profesionalisme dalam hal apapun, khususnya hal pengelolaan zakat dan infaq.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Geledah Kantor MA, KPK Amankan Sejumlah Bukti Suap Hakim Agung

News
| Minggu, 25 September 2022, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Ada Paket Wisata ke Segitiga Bermuda, Uang 100% Kembali Jika Wisatawan Hilang

Wisata
| Minggu, 25 September 2022, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement