Advertisement

Kedatangan Wisatawan Picu Harga Sembako di Bumi Mataram Naik

Ujang Hasanudin
Sabtu, 30 April 2022 - 20:47 WIB
Sugeng Pranyoto
Kedatangan Wisatawan Picu Harga Sembako di Bumi Mataram Naik Los daging di Pasar Beringharjo, Jogja, Sabtu (30/4/2022).-Harian Jogja - Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Wisatawan diprediksi akan membanjiri DIY saat libur Lebaran. Bahkan, 4 juta kendaraan akan mengaspal di jalanan Bumi Mataram saat libur Labaran.

Banjir wisatawan itu ternyata berdampak pada kenaikan harga sembilan bahan pokok (sembako) di DIY.

Advertisement

Fungsional Pengawas Perdagangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY, Sabar Santosa mengatakan dari hasil monitoring harga sejumlah komoditas memang naik mendekati Lebaran ini karena permintaan tinggi. Menurutnya banyak masyarakat belanja untuk mempersiapkan kebutuhan di rumah maupun untuk dijual lagi karena diprediksi wisatawan yang akan ke Jogja saat ini tinggi.

"Walaupun ada kenaikan harga masih wajar. Stok masih aman," katanya, Sabtu (30/4/2022). 

Kondisi saat ini diakuinya ekonomi mulai menggeliat dan masyarakat sudah beraktivitas seperti biasa sebelum ada pandemi Covid-19.

Selain harga daging sapi dan ayam, harga sejumlah komoditas di DIY juga ikut naik. Harga telur ayam broiler juga naik dari Rp25.000 per kilogram menjadi Rp28.000 per kilogram. Kenaikan terjadi sejak sepekan lalu. 

Sementara komoditas lainnya masih normal, meski ada kenaikan hanya sedikit seperti bawang putih saat ini Rp40.000 per kilogram, bawang merah Rp37. 000 per kilogram, cabai rawit merah Rp40.000 per kilogram, cabai merah Rp50.000 per kilogram, dan cabai hijau Rp18.000 per kilogram.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement