Advertisement

Dua Masjid di Gunungkidul Sudah Gelar Salat Idulfitri

Triyo Handoko
Minggu, 01 Mei 2022 - 14:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Dua Masjid di Gunungkidul Sudah Gelar Salat Idulfitri Pelaksanaan salat idulfitri di Masjid Al Quba, Padukuhan Warak, Girisekar, Panggang pada Minggu (1/5 - 2022). Dok Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Dua masjid di Girisekar, Kapanewon Panggang, Gunungkidul sudah lebih dulu melaksanakan salat Idulfitri pada Minggu (1/5/2022).

Dua masjid tersebut adalah masjid Aolia, Padukuhan Jeruken dan masjid Al Quba, Padukuhan Warak. "Pelaksanaan salat idulfitri tadi diikuti sekitar lebih dari 500 warga," kata Lurah Girisekar Sutarpan, Minggu (1/5/2022).

Advertisement

Sutarpan menjelaskan warga yang sudah mengikuti salat idulfitri tersebar di sebelas RT. "Kami yang salat idulfitrinya menunggu pengumuman pemerintah tadi juga bantu keamanan warga yang salat idulfitri hari ini," katanya.

Meskipun beda hari pelaksanaan salat idulfitri, menurut Sutarpan, warganya tetap rukun. "Karena di sini kami saling menghormati keyakinan setiap orang, jadi ya enggak ada masalah," ujarnya.

Baca juga: Sleman Gelar Salat Id di 874 Titik, Cek Lokasinya!

Saling menghormati keyakinan orang lain, bagi Sutarpan, selain meningkatkan kerukunan warga juga mendatangkan hal positif lainnya. "Misalnya kami semangat gotong royongnya tetap terjaga," jelasnya.

Gotong royong yang dimaksud Sutarpan adalah bergantian membantu pelaksanaan ibadah warga lain. "Jadi kami tadi bantu keamanan di sana, besok kalau giliran kami, mereka pasti akan bantu serupa juga," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Darurat, Kasus Demam Berdarah di Amerika Tembus 5,2 Juta, 1.800 Orang Meninggal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement