Besok, Salat Id di Gumuk Pasir Kembali Digelar

Jemaah bersiap mengikuti Salat Id di gumuk pasir Parangtritis, Bantul, Rabu (5/6/2019).- Harian Jogja - Salsabila Annisa Azmi
01 Mei 2022 09:27 WIB Anisatul Umah Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Salat id di Gumuk Pasir, Parangkusumo akan kembali digelar tahun ini, setelah dua tahun ditiadakan akibat pandemi Covid-19. Ketua LPCR PP Muhammadiyah Jamaludin Ahmad akan bertindak sebagai Imam dan Khotib.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag Bantul Aidi Johansyah. Pelaksanaan salat id akan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Di Gumuk Pasir, Imam Khatib bapak Jamaludin dari PP [Muhammadiyah]," ungkapnya kepada Harian Jogja, Minggu (1/5/2022).

Kementerian Agama Bantul memberikan imbauan palaksanaan rangkaian kegiatan Idulfitri 2022. Ketentuan salat id di antaranya, terdapat penanggungjawab atau panitia di setiap lokasi pelaksanaan.

Menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin. Kemudian materi khutbah tidak digunakan untuk kepentingan politik praktis dan terhindar dari hal yang menyebabkan masyarakat menjadi tidak harmonis.

Baca juga: Paguyuban Kusir Andong DIY Pastikan Anggotanya Tidak Nuthuk

"Pelaksanaan takbir disesuaikan dengan kebijakan masing-masing daerah," tulis imbauan.

Salah satu warga di sekitar Gumuk Pasir Paino, 47, mengaku senang akan ada salat id di Gumuk Pasir lagi. Dia mengaku memang selalu melaksanakan salat Id di Gumuk Pasir.

"Saya aslinya daerah sini. Saya salat Id di sini. Ya bahagia [ada salat Id di Gumuk Pasir] campur macam-macam [rasanya]," ucapnya kepada Harian Jogja ditemui di sekitar Gumuk Pasir, Sabtu (30/4/2022).

Menurutnya antusiasme salat Id di Gumuk Pasir tidak hanya dari warga sekitar. Bahkan warga dari Gunungkidul juga datang untuk salat di Gumuk Pasir.

"Dulu [2019] masih mudik dari Jakarta dari mana salat di sini. Dari Gunungkidul juga salat di sini," tuturnya.