Advertisement

Salat Id dengan Nuansa Indah Dikelilingi Alam yang Asri

Anisatul Umah
Senin, 02 Mei 2022 - 11:07 WIB
Sugeng Pranyoto
Salat Id dengan Nuansa Indah Dikelilingi Alam yang Asri Salat id di Gumuk Pasir, Parangkusumo, Bantul, Senin (2/5/2022). Anisatul Umah - harianjogja.com

Advertisement

 

Harianjogja.com, BANTUL - Matahari masih tampak malu-malu sekitar jam 06.00 WIB pagi, Senin (2/5/2022). Jalan menuju ke Parangkusumo juga masih berkabut, dan pasirnya masih basah embun.

Tapi sebagain masyarakat sudah datang dan bersiap untuk Salat Idd berjamaah di Gumuk Pasir yang akan dimulai pada jam 07.00 WIB.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Warsiti, 38, adalah salah satu jemaah yang antusias datang amat pagi. Dia tak sendiri, ditemani empat anggota keluarga lainnya. Menurutnya sebelum pandemi Covid, bersama keluarga selalu Salat Id di sini.

"Setiap tahun salat di sini, baru dua tahun ini tidak salat [di Gumuk Pasir]. Kalau enggak ada pembatasan selalu salat di sini," katanya saat ditemui di lokasi Salat Id, Senin (2/5/2022).

Gumuk Pasir dipilih menjadi tempat salat karena ramai dan pemandangannya bagus. Warsiti mengaku bahagia bisa kembali menjalankan Salat Id di Gumuk Pasir.

"Datang pagi-pagi dengan keluarga memang sudah ada rencana salat di sini. Sedih pas Salat Id gak ada di sini," ucapnya.

Jemaah lainnya, Heru, 50, datang lebih pagi lagi dari Warsiti. Heru juga setiap tahun selalu Salat Id di Gumuk Pasir jika tidak ada pembatasan. Baik Idulfitri dan Iduladha.

"Dua tahun kemarin enggak karena pandemi. Biasa Salat Id di sini kecuali cuaca tidak memungkinkan, hujan atau angin kencang," ungkapnya.

Advertisement

Saat pemerintah melakukan pembatasan sehingga Salat Id di Gumuk Pasir ditiadakan, ia mengaku ada yang kurang. Karena sudah biasa salat dengan nuansa indah dan dikelilingi alam yang masih asri.

"Membawa kesan tersendiri lebih-lebih pasir. Nuansa di padang pasir, jadi salat di sini rata-rata puas dan ingin kembali di sini," jelasnya.

Heru adalah warga sekitar yang rumahnya tidak terlalu jauh. Datang berempat dengan anggota keluarganya yang lain. Kebetulan pagi itu anak dan istrinya menjadi panitia salat id untuk mengatur saf salat.

Advertisement

"Istri tugas jaga saf, anak-anak tugas juga," ucapnya.

Tepat jam 07.00 WIB Salat Id berjamaah dimulai. Masyarakat tampak khusyuk mengikuti jalannya ibadah. Pemadangan yang langka dua tahun ke belakang setelah pandemi menyerang.

 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sabu Senilai Rp1 Miliar Disita, Bandar dan Kurir Sabu Digelandang

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement