Advertisement

Setia Layani Wisatawan, Toko Oleh-Oleh di Gunungkidul Pilih Tak Libur

Triyo Handoko
Senin, 02 Mei 2022 - 21:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Setia Layani Wisatawan, Toko Oleh-Oleh di Gunungkidul Pilih Tak Libur Toko oleh-oleh di Jl. Baron yang buka di hari lebaran, Senin (2/5/2022). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Toko oleh-oleh tetap buka meskipun Lebaran. Mereka ingin tetap melayani wisatawan yang mulai berdatangan.

Di Jl. Jogja-Wonosari ada Bintang Oleh-oleh yang sudah melayani pembeli. “Kami buka setelah salat idulfitri karena memang ada pesanan rombongan,” kata Risma Safitri kasir Bintang Oleh-oleh, Senin (2/5/2022).

Selain wisatawan, Risma menjelaskan, pemudik yang balik ke perantauan juga jadi alasan dibukanya toko yang dikelolanya. “Di hari-hari awal Lebaran ini kebanyakan [yang membeli oleh-oleh] malah pemudik yang mau balik kerja lagi,” jelasnya.

Bakpia jadi primadona bagi pemudik untuk dijadikan oleh-oleh. “Pesanan [bakpia] lebih tinggi sekarang dibanding lebaran tahun lalu karena pemudiknya juga lebih banyak,” katanya.

Sementara wisatawan, menurut Risma, diprediksi akan mengalami puncak kunjungan pada akhir pekan nanti, 5-6 Mei. “Yang kami persiapkan untuk wisatawan cuma menambah stok saja,” ujarnya.

Sementara di Jl. Baron, Toko Aria yang khusus menjual oleh-oleh jenis bakpia mulai ramai dikunjungi wisatawan. Utari pemilik Toko Aria menyebut bukanya di hari lebaran untuk menyambut wisatawan yang mulai memasuki Gunungkidul. “Kebanyakan mampir beli setelah dari pantai,” katanya, Senin (2/5/2022).

Sudah lebih dari 80an kotak kardus bakpia terjual di Toko Aria pada hari lebaran. “Kebanyakan pembeli dari luar daerah, terutama berpelat mobil B [Jakarta]," kata Utari.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Soal Tudingan Penyelewengan Dana, Presiden ACT Angkat Bicara

News
| Selasa, 05 Juli 2022, 02:37 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement