Advertisement

Sebagian Besar Pelancong di Gunungkidul Tak Taati Prokes

David Kurniawan
Rabu, 04 Mei 2022 - 17:37 WIB
Arief Junianto
Sebagian Besar Pelancong di Gunungkidul Tak Taati Prokes Ilustrasi Pantai Baron, Desa Kemadang Tanjungsari. Rabu (17/4/2019) - Istimewa/Dokumen SAR Satlinmas Wilayah II DIY

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kawasan pantai di Gunungkidul dipadati pengunjung pada libur Lebaran, Rabu (4/5/2022), tetapi sayangnya sebagian besar wisatawan masih melanggar protokol kesehatan (prokes).

Tim SAR Satlinmas Wilayah II DIY terus mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi imbauan pemerintah dalam rangka penanggulangan penyebaran virus di area wisata.

Advertisement

Padatnya kunjungan wisata sudah terlihat di pintu masuk Gunungkidul yang berbatasan dengan Sukoharjo, Jawa Tengah. Iring-iringan kendaraan pengunjung terlihat menuju ke kawasan pantai di Gunungkidul.

BACA JUGA: Demi Gaji PPPK, Pemkab Gunungkidul "Korbankan" Dana Pembangunan

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II DIY, Marjono mengatakan, kawasan pantai mulai dari Poktunggal-Baron terlihat ramai dan dipadati pengunjung. Seluruh peronel yang berjumlah 69 orang diterjunkan untuk pengawasan di pantai.

“Kami selalu siaga dan siap memberikan pertolongan kepada pengunjung. Hingga Rabu siang semua masih aman dan terkendali,” kata Marjono, Rabu.

Meski demikian, dia tidak menampik ramainya kunjungan tidak dibarengi kesadaran pengunjung untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Pasalnya, banyak pengunjung yang melanggar mulai dari mencopot masker hingga berkerumun pada saat bermain air di pantai.

Marjono mengatakan, imbauan kepada pengunjung agar mematuhi protokol kesehatan sudah dilakukan mulai dari pemasangan spanduk. Selain itu, juga ada imbauan melalui pengeras suara yang ada di posko pemantauan.

“Sudah kami peringatkan, tetapi masih ada yang ngeyel karena tidak mengindahkan imbauan untuk mematuhi protokol kesehatan,” katanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement