Advertisement

Hujan Angin Kurang dari Sejam, Rumah di Umbulharjo Ambruk

Yosef Leon
Kamis, 05 Mei 2022 - 19:27 WIB
Arief Junianto
Hujan Angin Kurang dari Sejam, Rumah di Umbulharjo Ambruk Petugas membersihkan material di sebuah rumah warga yang ambruk karena angin kencang di Umbulharjo, Kamis (5/5/2022) - Istimewa/Dok. TRC BPBD DIY.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Sebuah rumah di wilayah Umbulharjo ambruk dan belasan atap rumah warga beterbangan akibat hujan disertai angin kencang yang terjadi pada Kamis (5/5/2022) sore. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jogja, Nur Hidayat menjelaskan, insiden rumah ambruk tersebut terjadi sekitar pukul 15.00 WIB tepatnya di area Miliran, Umbulharjo. Rumah semipermanen milik warga bernama Surat tersebut roboh diamuk angin kencang

Advertisement

"Bangunan rumah terbuat dari triplek dan material GRC [Glass Reinforced Concrete]. Bagian rumah yang roboh adalah ruangan dapur, kamar tidur dan kamar mandi. Korban jiwa nihil," ujarnya, Kamis.

BACA JUGA: Cegah Macet Parah, Akses di Sentra Bakpia Pathuk Ini Dibikin Searah 

Pihaknya telah menutup membersihkan material bangunan. Lokasi rumah ambruk juga telah dipasang dengan terpal penutup agar tidak menganggu aktivitas warga di tempat itu. 

Nur menambahkan, selain insiden rumah ambruk sejumlah atap rumah warga juga beterbangan akibat angin kencang sore ini. Sampai dengan pukul 18.00 WIB tercatat ada puluhan rumah yang terdampak. 

"Semuanya di wilayah Umbulharjo yakni Miliran dan juga Semaki dan satu di antaranya merupakan atap rumah ibadah yang berada di Jalan Kenari" ungkap dia. 

Di Gang Tanjung, Miliran, ada 15 rumah yang rusak. Kerusakan terdiri dari atap rumah yang terbuat dari genteng rusak dan terbang dihantam angin. 

"Untuk sementara sudah dipasang petugas dengan terpal. Karena ada empat rumah yang kondisinya mengharuskan untuk dipasang terpal," kata dia. 

Selain itu juga terdapat pohon tumbang. Sejumlah petugas gabungan sampai saat ini masih melakukan evakuasi dan pembersihan terhadap material bangunan dan juga dahan pohon. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement