Advertisement

Diblokir dari Google Maps, Jalur Cinomati Masih saja Ramai

Triyo Handoko
Kamis, 05 Mei 2022 - 16:57 WIB
Arief Junianto
Diblokir dari Google Maps, Jalur Cinomati Masih saja Ramai Mobil rombongan keluarga yang tak kuat menanjak di jalur Cinomati, Kamis (5/5/2022). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Polres Bantul dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bantul memblokir jalur Cinomati agar tak dilewati oleh wisatawan dan pemudik pada Lebaran tahun ini. Meski begitu, nyatanya masih banyak wisatawan yang nekat melintasi Jalur Tengkorak tersebut.

"Pemblokiran hasil koordinasi bersama untuk mengantisipasi kecelakaan di sini, karena risikonya tinggi terjadi kecelakaan,” kata Aiptu Subroto, petugas Pos Cinomati, Kamis (5/5/2022).

Advertisement

Akan tetapi, imbuh Subroto, jalur Cinomati nyatanya masih ramai dilewati. “Per hari sekitar 100 kendaraan roda empat masih lewat sini,” katanya.

BACA JUGA: Skenario Satu Arah Dinilai Sukses Urai Kemacetan ke Parangtritis

Insiden kendaraan tak kuat menanjak, jelas Subroto, membuat petugas yang jumlahnya terbatas kewalahan. “Per hari bisa ada lima insiden mobil tak kuat nanjak,” ujarnya.

Kebanyakan kendaraan yang tak kuat menanjak, kata dia, adalah mobil keluarga. “Kebanyakan mobil automatic dan biasanya pengendaranya belum pernah lewat sini jadi kaget dan mogok di tengah jalan,” imbuhnya.

Suparlan, 46, salah satu sukarelawan Pos Cinomati menyebut jalur Cinomati banyak dipilih karena pengendara menghindari Jalan Jogja-Wonosari yang macet di saat libur Lebaran.

“Untung saja sekarang sudah tidak ada bus yang berani lewat sini, bisa tambah repot kami,” keluhnya, Kamis.

Beberapa pengendara yang mengalami insiden tak kuat menanjak, kata Suparlan, memilih putar balik. “Misalnya kayak tadi pengendaranya kan milih putar balik katanya takut berisiko karena di atas lebih curam lagi tanjakannya,” jelasnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement