Advertisement

Penumpang Bus Mulai Menyemut di Terminal Jombor, Akhir Pekan Ini Puncaknya

Lugas Subarkah
Jum'at, 06 Mei 2022 - 23:07 WIB
Arief Junianto
Penumpang Bus Mulai Menyemut di Terminal Jombor, Akhir Pekan Ini Puncaknya Sejumlah penumpang bersiap menaiki bus di Terminal Jombor, Jumat (6/5/2022). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianogja.com, SLEMAN--Penumpang bus pada arus balik Lebaran di Terminal Jombor, Sleman mulai meningkat pada Jumat (6/5/2022). Keterisian bus akan mencapai 100% pada puncak arus balik yang diperkirakan terjadi pada Sabtu dan Minggu (7-8/5/2022).

Penasehat Paguyuban Agen dan Perwakilan Bus Malam Terminal Jombor, Sonni Kurniawan menjelaskan pada Kamis (6/5/2022), keterisian bus sudah mencapai 97%. "Memang sudah terjadi peningkatan jumlah penumpang yang sangat signifikan. Ini bisa dilihat dari tingkat keterisian semua PO [perusahaan otobus]," katanya, Kamis.

Advertisement

BACA JUGA: Sepekan, 30 Lakalantas Terjadi di DIY, Dua Orang Meninggal Dunia

Dengan tingginya keterisian bus, arus balik diperkirakan masih terjadi hingga Senin (9/5/2022). "Karena penumpang yang seharusnya berangkat 8 Mei tidak mendapatkan tiket, mereka masih bersedia mundur 9 Mei," ujarnya.

Untuk mengakomodasi membeludaknya penumpang, pihaknya menambahkan armada swadaya sebanyak 16 unit bus per hari. "Ini sudah terisi 60 persen untuk hari ini, untuk besok sekitar 85 persen, hari minggu udah full," ungkapnya.

Berbeda dengan arus mudik yang mayoritas penumpang dengan tujuan ke wilayah Sumatra seperti Lampung, Palembang, Jambi, Pekanbaru dan Medan, pada arus balik ini penumpang dengan tujuan Jabodetabek mendominasi.

"Karena arus mudik pelajar mahasiswa banyak dari Sumatra. Untuk arus balik ini mayoritas Jabodetabek. Untuk arus balik Sumatra justru sepi," katanya.

BACA JUGA: Viral, Mie Gacoan Bantah Pungut Parkir untuk Pejalan Kaki

Jumlah penumpang pada libur Lebaran saat ini menurutnya juga meningkat dibanding 2019 karena masyarakat sudah menagan tidak mudik dua tahun.

Advertisement

"Soalnya mungkin dua tahun masyarakat enggak mudik, kesempatan bagi masyarakat untuk mudik jadi mereka memanfaatkan waktu ini," ujarnya.

Di Terminal Jombor terdapat 54 PO yang masing-masing PO memiliki tiga sampai 12 unit bus. Jadwal keberangkatan dimulai 12.30 WIB, 13.30 WIB, 14.00 WIB, 15.00 WIB dan terakhir 18.00 WIB. "Siang sampai nanti sore padat," katanya.

Dari data monitoring penumpang angkutan lebaran Terminal Jombor selama periode 25 April hingga 5 Mei tercatat total sebanyak 1.166 bus AKAP, dengan total 7.768 penumpang berangkat dan 4.485 penumpang datang. 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement