Advertisement

Libur Lebaran, Pindul Dikunjungi 1.000 Wisatawan Setiap Hari

David Kurniawan
Jum'at, 06 Mei 2022 - 16:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Libur Lebaran, Pindul Dikunjungi 1.000 Wisatawan Setiap Hari Pengunjung saat mengangantre untuk menyusuri Goa Pindul di Kalurahan Bejiharjo, Karangmojo. Jumat (6/5/2022). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Objek wisata susur Gua Pindul di Kalurahan Bejiharjo menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Gunungkidul. Selama libur Lebaran tak kurang dari 1.000 orang berwisata setiap harinya.

Direktur Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMKal) Maju Mandiri di Kalurahan Bejiharjo, Saryanto mengatakan, sejak Sabtu (30/4/2022) pengunjung mulai berdatangan untuk menikmati sensasi susur Gua Pindul. Jumlah ini terus meningkat seiring memasuki libur setelah Perayaan Hari Raya Idulfitri.

“Rata-rata setiap harinya ada 1.000 pengunjung yang datang ke Pindul,” kata Saryanto kepada wartawan, Jumat (6/5/2022).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Meski demikian, ia tidak menampik kondisi kunjungan sekarang belum pulih seperti Lebaran sebelum pandemi Virus Corona. Hanya saja, Saryanto mengaku bersyukur karena geliat wisata di Gua Pindul sudah mulai menunjukkan tanda-tanda pemulihan.

“Kapasitas kunjungan per hari mencapai 3.000 orang. Dengan kunjungan Lebaran mencapai 1.000 orang per hari atau mencapai 30 persen dari kapasitas normal sudah sangat bagus karena memang ekonomi belum sepenuhnya pulih,” katanya.

Baca juga: Rute ke Gua Kebon, Air Terjun di Kulonprogo yang Baru Saja Dikunjungi Artis

Disinggung mengenai harga jasa masuk Pindul, Saryanto mengungkapkan setiap pengunjung dipatok tarif Rp40.000. Selain itu, pengunjung juga ditarik retribusi Rp10.000 per orang.

“Sudah ada kesepakatan antar operator. Selain ke Pindul, pengunjung juga bisa merasakan sensasi rafting di Kali Oya,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Mohammad Arif Aldian mengatakan, selama libur Lebaran ada lonjakan signifikan di kawasan wisata. Di momen ini menargetkan kunjungan sebanyak 154.403 orang dan dengan tambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi tiket masuk wisata sebesar Rp1,2 miliar.

Advertisement

Aldian optimistis target ini bisa dipenuhi karena hingga H+2 Lebaran sudah ada pengunjung sebanyak 80.338 orang yang memadati kawasan wisata di Bumi Handayani. Menurut dia, destinasi pantai masih menjadi primadona karena mayoritas kunjungan ke kawasan ini.

“Memang ada destinasi selain pantai, seperti Gua Pindul atau di kawasan utara ada Embung Nglanggeran atau Batara Sriten, tapi jumlah yang datang tidak sebanyak yang ke pantai,” katanya. 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Narasi Mendapat Ancaman Setelah Diretas, Diminta Diam atau Mati

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 05:27 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement