Advertisement

Kawasan Pantai Padat Wisatawan, Laka Laut cuma Sekali selama Libur Lebaran

Catur Dwi Janati
Minggu, 08 Mei 2022 - 21:27 WIB
Arief Junianto
Kawasan Pantai Padat Wisatawan, Laka Laut cuma Sekali selama Libur Lebaran Ilustrasi. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Meski diserbu ratusan ribu pengunjung, angka kecelakaan laut (laka laut) di kawasan Pantai Parangtritis selama libur Lebaran rendah. Hingga Sabtu (7/5/2022), tercatat hanya satu insiden laka laut yang sempat terjadi selama libur Lebaran.

"Hanya ada satu laka laut satu, Kamis [5/5/2022]. Terseret palung, arus balik," kata Koordinator SAR Satlinmas Wilayah III, Bantul, Muhammad Arief Nugraha.

Advertisement

BACA JUGA: Sampah Menggunung di Bantul, Parangtritis Sumbang 3 Ton Sampah dalam Sepekan

Dijelaskan Arief, kedua korban terseret karena bermain air di area dekat palung yang ada di Pantai Parangtritis. Dua korban berusia 11 tahun dan 34 tahun. Keduanya merupakan satu keluarga. "Bareng-bareng [terseretnya]. Satu keluarga," ujarnya.

"Begitu terseret langsung kita tolong. Kalau enggak langsung kami tolong ya bablas," kata dia.

Satu kejadian laka laut ini, terhitung rendah menurut pria yang akrab dusapa Inu tersebut. Pada libur Lebaran 2019 juga terjadi laka laut, hanya saja dia tidak ingat secara pasti berapa insiden laka laut yang terjadi. Namun saat itu korban juga berhasil diselamatkan.

"Kalau [lebaran] sebelum pandemi pun tetap ada laka, tapi untuk data kita harus buka datanya dulu, jumlah-jumlahnya," tandasnya.

BACA JUGA: Cukup Tiga Hari, PAD Bantul dari Pariwisata Tembus Rp1 Miliar

Kencati puncak wisata terjadi pada Sabtu (7/5/2022), imbuh dia, keramaian wisatawan lokal masih akan terjadi hingga pekan depan.

Advertisement

"Karena kalau saya mengamati untuk yang nasuk ke wilayah Parangtritis ini masih berpelat nomor luar DIY. Untuk yang kendaraan plat AB itu masih sedikit. Kemungkinan nanti gantian," tambahnya.

Dengan potensi keramaian wisatawan yang masih akan berlangsung hingga pekan depan, Inu mengimbau para wisatawan untuk berhati-hati selama bermain di Pantai Parangtritis. "Jelas kami imbau wisatasan untuk mematuhi rambu-rambu yang sudah kita pasang di sekitaran pantai," tegasnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement