Advertisement

Cukup Tiga Hari, PAD Bantul dari Pariwisata Tembus Rp1 Miliar

Catur Dwi Janati
Jum'at, 06 Mei 2022 - 22:07 WIB
Arief Junianto
Cukup Tiga Hari, PAD Bantul dari Pariwisata Tembus Rp1 Miliar Suasana TPR Parangtritis, Rabu (4/5/2022) siang. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Hanya dalam kurun tiga hari libur Lebaran, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bantul dari sektor pariwisata sukses mencapai angka Rp1 miliar.

Ditambah dengan mundurnya waktu masuk sekolah di kawasan Jabodetabek, pundi-pundi PAD tersebut berpotensi bertambah seiring bergesernya puncak wisata Lebaran.

Advertisement

BACA JUGA: Wisatawan Pantai Selatan Bantul Membeludak, Hotel Melati Full Booked

Kepala Subkoordinator Kelompok Substansi Promosi Kepariwisataan, Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul, Markus Purnomo Adi menerangkan puncak wisata Lebaran kemungkinan akan terjadi pada Sabtu (7/5/2022).

Pergeseran ini terjadi karena adanya pemunduran masuk sekolah di Jabodetabek sehingga wisatawan dapat menghabiskan waktu lebih lama di Bantul.

"Karena sudah dipastikan sekolah yang di Jabodetabek, Jabar itu kan masuknya 12 Mei, mundur menjadi hari Kamis [11/5/2022]. Prediksi saya, besok [Sabtu] puncaknya," terang pria yang akrab disapa Ipung tersebut, Jumat (6/5/2022).

BACA JUGA: Skenario Satu Arah Dinilai Sukses Urai Kemacetan ke Parangtritis

Menurut Ipung, sejumlah wisatawan yang sebelumnya tidak punya rencana ke Bantul, karena waktu masuk sekolah mundur berkemungkinan jadi ingin mengunjungi Bantul.

"Karena liburnya nambah, ngapain, ya sudah akhirnya masuk Parangtritis, ke Bantul juga," ujarnya.

"Tadi di Gua Cerme, itu ada satu keluarga dari Depok, dia rencana pulang hari ini. Cuma karena ngerti kebijakan bahwa sekolahnya diundur dia pulangnya menjadi Minggu. Minggu pagi baru pulang, jadi mundur dua hari," tambahnya.

Berdasarkan data Dispar Bantul pada Kamis (5/5/2022), Pantai Parangtritis dikunjungi 33.600 wisatawan, Pantai Samas 5.700 wisatawan, Pantai Baru 3.000 wisatawan, Pantai Gua Cemara 1.500 orang dan Pantai Kuwaru 1.000 orang.

"Total Bantul dikunjungi 45.361 wisatawan pada Kamis dengan pendapatan lebih dari Rp440 juta," ujarnya.

Sementara hingga H+4 Lebaran, wisatawan yang masuk ke destinasi yang dikelola Pemkab Bantul sebanyak 132.871 orang. Sementara pendapatannya, bisa setara dengan lebih dari Rp1,1 miliar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Desa Bersih Narkoba Bisa Menggunakan Dana Desa

News
| Selasa, 23 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement