Advertisement

Tunggu Keputusan Majelis Wali Amanah, Ini Dia 3 Nama Calon Rektor UGM

Sunartono
Kamis, 12 Mei 2022 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Tunggu Keputusan Majelis Wali Amanah, Ini Dia 3 Nama Calon Rektor UGM Kampus UGM - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Senat Akademik UGM meloloskan tiga nama calon Rektor UGM dan mengeliminasi tiga bakal calon lainnya dalam rapat pleno yang digelar di GSP UGM, Kamis (12/5/2022).

Selanjutnya tiga nama yang dinyatakan lolos akan diserahkan ke Majelis Wali Amanah (MWA) UGM untuk salah satunya dipilih dan ditetapkan sebagai Rektor UGM pada Jumat (20/5/2022) mendatang.

Ketiga nama yang lolos antara lain Prof. Ova Emilia, Prof. Deendarlianto dan Prof. Bambang Agus Kironoto. Sedangkan tiga nama yang tereliminasi di fase ini adalah Prof. Ali Agus, Prof. Sigit Riyanto dan Prof. Teguh Budipitojo.

Keenamnya dihadirkan dalam rapat pleno yang diikuti sebanyak 80 anggota Senat Akademik UGM.

"Tiga nama yang lolos kami urutkan sesuai abjad yaitu Prof. Bambang Agus Kironoto, Prof. Deendarlianto dan Prof. Ova Emilia. Ini hasil yang telah dinyatakan sah, dari penilaian secara digital. Bagian dari hasil rekap disaksikan para saksi.

Dalam rapat pleno diikuti 80 anggota senat, dibuka oleh ketua senat disaksikan para panelis dan bakal calon didampingi sekretaris," kata Ketua Pansel Calon Rektor UGM Profesor, Suratman dalam konferensi pers, Kamis sore.

Dalam proses seleksi itu bakal calon rektor UGM memaparkan program kerja, arah dan tujuan kebijakan umum UGM di hadapan 80 anggota Senat dan panelis.

Adapun panelis yang dihadirkan antara lain Rektor UGM periode 2002-2007, Prof. Sofian Effendi; Rektor UGM periode 2014-2017, Prof. Dwikorita Karnawati; Ketua Dewan Guru Besar, Prof. Mochammad Maksum; Ketua Senat Akademik, Prof. Sulistiowati; dan Sekretaris MWA, Prof. Subagus Wahyuono.

"Dari enam bakal calon rektor, ada tiga yang memperoleh nilai di atas 6.600 yang kemudian terseleksi menjadi terbaik di antara tiga lainnya," kata Ketua Senat Akademik UGM Profesor Sulistiowati.

Dia menambahkan dari tiga nama yang lolos seleksi, hasilnya telah ditandatangani Senat Akademik melalui berita acara.

Advertisement

Selanjutnya berita acara ini serta surat pengantar diserahkan ke pimpinan MWA untuk dilakukan pemilihan dan penetapan rektor UGM. Rencananya pemilihan dan penetapan itu akan dilakukan pada 20 Mei 2022 mendatang. 

"Prinsipnya telah menghasilkan dengan proses lancar dinamis, saling asah asuh asih di antara para senator di UGM. Diawali dengan pengambilan undian bakal calon rektor kemudian presentasi, tanya jawab dan penilaian oleh anggota senat," ujarnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Surya Paloh Nyatakan Jokowi Restui NasDem Usung Anies Capres 2024

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement