Advertisement

5 Truk Sampah Sudah Uzur, DLH Sleman: Meski Tua Tetap Layak Jalan

Abdul Hamied Razak
Kamis, 12 Mei 2022 - 22:17 WIB
Arief Junianto
5 Truk Sampah Sudah Uzur, DLH Sleman: Meski Tua Tetap Layak Jalan Sejumlah armada pengangkut sampah lalu lalang di sekitar TPST Piyungan, Rabu (23/12/2020). Setelah ditutup warga beberapa hari terakhir, kini TPST Piyungan dibuka kembali. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Sebanyak 38 unit armada pengangkut sampah milik UPTD Pelayanan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sleman diklaim dalam kondisi baik. Dari jumlah tersebut, hanya 5 unit armada yang berusia renta tetapi tetap layak dioperasionalkan.

Kepala UPTD Pelayanan Persampahan DLH Sleman Rita Probowati mengatakan pihaknya akan mengajukan peremajaan kelima damtruk pengangkut sampah tersebut. Ke-38 unit armada tersebut digunakan untuk mengangkut sampah dari 13 depo di Sleman, destinasi wisata dan instansi lainnya yang bekerjasama.

BACA JUGA: HUT ke-106, Sleman Bangkit dan Pulih dari Pandemi Covid-19

"Tetapi secara umum seluruh armada truk yang kami miliki dalam kondisi baik dan layak untuk mengangkut sampah ke TPST Piyungan," katanya kepada Harianjogja.com, Kamis (12/5/2022).

Hingga Kamis, pihaknya belum mengangkut tumpukan sampah di 13 depo sampah. Sebab, sejak Senin lalu UPTD menerapkan kebijakan pemilahan sampah di masing-masing depo. Tujuannya agar sampah yang dibuang ke TPST Piyungan benar-benar berbentuk residu. "Kami akan buang sampah berbentuk residu ke TPST Piyungan besok [hari ini]," katanya.

Dijelaskan Rita, proses pemilahan sampah tersebut selain akan memberikan manfaat secara ekonomi juga mampu menekan volume sampah yang dikirim ke TPA Piyungan. Dia mengatakan dengan proses pemilahan maka volume sampah yang dikurangi bisa mencapai 50-70%. "Jadi kalau rata biasanya 5-7 ton yang dikirim ke TPST Piyungan, maka dengan proses pemilahan seperti ini nanti hanya 2-3 ton saja dalam bentuk residu," katanya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dari Bidang Makanan sampai Kesehatan, 21 CEO Meraih Achievement Award

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement