Advertisement

HUT ke-106, Sleman Bangkit dan Pulih dari Pandemi Covid-19

Abdul Hamied Razak
Kamis, 12 Mei 2022 - 10:27 WIB
Budi Cahyana
HUT ke-106, Sleman Bangkit dan Pulih dari Pandemi Covid-19 Kustini Sri Purnomo - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Tahun ini, tepatnya Minggu (15/5/2022), Kabupaten Sleman memasuki usia 106 tahun. Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo berharap Bumi Sembada tumbuh lebih baik dan masyarakat lebih sejahtera.

BACA JUGA: Pagelaran Wayang Hari Jadi Kota Magelang 2022 Tersebar di Kampung-kampung

"Hal ini selaras dengan visi Kabupaten Sleman yaitu terwujudnya Sleman sebagai rumah bersama yang cerdas, sejahtera, berdaya saing, menghargai perbedaan dan memiliki jiwa gotong royong," ujar Kustini, Rabu (11/5/2022).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Peringatan hari jadi tahun ini, menurut Kustini, mengusung  tema Sesarengan Mbangun Sleman, Sleman Gumregah. Tema ini dipilih untuk memaknai semangat Kabupaten Sleman untuk segera bangkit dan pulih dari pandemi Covid 19. Sleman Gumregah, menurut Kustini, berarti Pemkab Sleman beserta seluruh komponen masyarakat berupaya bersama untuk segera memulihkan ekonomi dan kondisi sosial masyarakat.

"Harapannya Pemkab Sleman bersama seluruh stakeholder terus bersinergi, berkolaborasi dan bahu membahu mengakselerasi proses pemulihan pascapandemi," ujarnya.

Selama dua tahun dilanda pandemi, kata Kustini, peringatan Hari Jadi Kabupaten Sleman dilakukan tanpa kegiatan seremonial untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan. Pada 2022 dengan kondisi yang semakin membaik, maka beberapa kegiatan peringatan hari jadi diselenggarakan dengan sederhana tanpa mengurangi esensi kegiatan.

Rangkaian kegiatan Hari Jadi ke-106 Kabupaten Sleman di antaranya bakti sosial dan pemberian santunan anak yatim di 17 kapanewon, doa syukur, malam tirakatan, serta Rapat Paripurna Istimewa DPRD Sleman.

Selain itu ada kegiatan upacara Bedhol Praja yang menggambarkan perpindahan pusat pemerintahan Kabupaten Sleman dari kawasan Ambarukmo ke kompleks Beran, dan upacara pada 15 Mei 2022 di lapangan Pemda Sleman. Upacara diawali dengan kirab tombak pusaka Kyai Turun Sih dari Kantor Bupati ke lapangan Pemda Sleman.

Kegiatan peringatan Hari Jadi Ke-106 Kabupaten Sleman tidak hanya dilaksanakan oleh Pemkab Sleman tetapi juga melibatkan partisipasi masyarakat, di antaranya donor darah Hari Bakti IDI dalam rangka hari jadi Sleman pada Jumat (20/5/2022) dan sunatan massal di RSUD Sleman pada Minggu (29/5). Selain itu ada kegiatan yang berkaitan dengan upaya pelestarian tradisi dan budaya seperti lomba olahraga tradisional.

Advertisement

BACA JUGA: Peringati Hari Jadi Kabupaten Sleman ke-106, Umat Budha di Sleman Gelar Puja Bakti

"Dengan semangat Sleman Gumregah diharapkan Sleman memiliki optimisme yang tinggi untuk menghadapi beragam persoalan yang ada di Sleman, semangat untuk pemulihan kondisi perekonomian, dan bersama-sama berupaya untuk menciptakan lingkungan yang lebih kondusif," ujar Kustini.

Bertepatan dengan momentum peringatan Hari Jadi ke-106 Kabupaten Sleman Bupati mengajak seluruh stakeholder dan warga Sleman untuk gumregah, bahu membahu, bersinergi sesarengan mbangun Sleman untuk mewujudkan Sleman yang lebih baik.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ingatkan Penjabat Jangan Korupsi Anggaran untuk Program Kesejahteraan Petani

News
| Minggu, 25 September 2022, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Ada Paket Wisata ke Segitiga Bermuda, Uang 100% Kembali Jika Wisatawan Hilang

Wisata
| Minggu, 25 September 2022, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement