Advertisement

Pemkot Jogja Klaim Semua Armada Sampah Laik Jalan

Yosef Leon
Kamis, 12 Mei 2022 - 15:47 WIB
Budi Cahyana
Pemkot Jogja Klaim Semua Armada Sampah Laik Jalan Petugas DLH Kota Jogja mulai mengangkut sampah ke truk pada Rabu (22/12/2020). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah Kota Jogja mengklaim semua armada pengangkut sampah yang dimiliki oleh pemerintah setempat maupun swasta yang bekerja sama dengan pihaknya laik jalan.

BACA JUGA: Kelanjutan Kasus Suami Dibunuh Selingkuhan Istri di Kulonprogo, Polisi Bongkar Makam Korban

Advertisement

Pernyataam ini merespons salah satu poin kesepakatan yang dihasilkan dalam pertemuan Pemda DIY dengan warga di seputar Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan yang meminta armada pengangkut sampah yang tidak laik jalan ditertibkan.

“Semua armadanya baik. Yang tidak bagus itu hanya arm roll-nya kontainer karena putarannya tinggi dan satu dua saja yang bolong, tapi biasanya langsung kami tarik,” kata Kepala Bidang Pengelolaan Sampah DLH Kota Jogja, Ahmad Haryoko, Kamis (12/5/2022).

Ahmad mengatakan dalam mengangkut sampah ke TPST Piyungan, jawatannya bekerja sama dengan swasta. Total ada 55 armada pengangkut sampah yang dioperasikan Pemkot Jogja. “Milik pemerintah ada 32, swasta 12, kemudian untuk Kraton dan Malioboro dan Dinas Perdagangan Jogja ada enam unit, truk semua. Lalu yang colt milik swasta itu ada tiga sampai lima armada,” kata dia.

Menurut Ahmad, keluhan warga soal armada sampah yang tidak laik beroperasi itu wajar belaka. Sebab, beberapa pengangkut sampah ke TPST Piyungan sudah bolong sehingga sampah berserakan sampai ke permukiman.

BACA JUGA: Libur Panjang, Reservasi Hotel di Jogja Meningkat

Di sisi lain, dengan dibukanya TPST Piyungan per Kamis (12/5/2022) ini, DLH Kota Jogja telah menerjunkan petugas untuk mengangkut sejumlah sampah yang telah menumpuk di depo, TPS, dan juga permukiman. Petugas akan fokus pada sampah yang telah menumpuk di jalan lantaran menganggu para pengendara.

“Perkiraannya mulai normal di tanggal 18 besok. Sepekan ini akan kami eksekusi dulu. Kami sudah mohon ke Balai Pengelolaan Sampah DIY agar hari Minggu di tanggal 15 nanti jangan libur, supaya cepat prosesnya,” ujarnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kapan Kantor Pemerintah Pindah ke IKN? Ini Kata Luhut

News
| Senin, 23 Mei 2022, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Arti 4 Prasasti yang Tertempel di Tugu Jogja

Wisata
| Senin, 23 Mei 2022, 14:27 WIB

Advertisement

Advertisement