Advertisement

Wisudawan Harus Jadi Pionir Bela Negara

Media Digital
Minggu, 22 Mei 2022 - 06:37 WIB
Bhekti Suryani
Wisudawan Harus Jadi Pionir Bela Negara Ratusan mahasiswa mengikuti prosesi wisuda di Auditorium UPN Veteran Yogyakarta, Sabtu (21/5/2022)-Harian Jogja - Lugas Subarkah

Advertisement

SLEMAN--Sebanyak 616 mahasiswa Diploma Tiga, Sarjana dan Doktor UPN Veteran Yogyakarta diwisuda untuk Periode 3 tahun akademik 2021-2022, pada Sabtu (21/5/2022). Ilmu yang telah didapat para wisudawan selama kuliah diharapkan dapat menjadi bekal untuk membangun bangsa.

Rektor UPN Veteran Yogyakarta, Mohamad Irhas Effendi, menjelaskan dari jumlah wisudawan tersebut, terdapat 160 wisudawan yang berhasil meraih predikat Dengan Pujian, dengan 15 wisudawan berhasil meraih prestasi sebagai penerima penghargaan Karya Cendekia.

Kepada para wisudawan ia menyampaikan jika saat ini kita tengah memasuki era baru, yang akan melahirkan peluang sekaligus tantangan baru. “Untuk itu bersiaplah menghadapi dengan cara-cara baru dengan terus membangun inovasi dan kreativitas dengan bekal kemampuan complex problem solving, social skill, pocess skill, system skill dan cognitive ability,” ujarnya.

BACA JUGA: BMKG Sebut Panas dan Sumuk di Indonesia Karena Udara Panas Terjebak di Samudra Hindia

Meski sudah menjadi alumni, ia berharap para wisudawan tetap menjalin hubungan dengan kampus. Khususnya dalam memberikan informasi yang tepat ketika UPN Veteran Yogyakarta melakukan tracer study, karena hal ini akan membantu meningkatkan kualitas lulusan dan kualitas lembaga.

“Ilmu pengetahuan yang telah saudara dapatkan di bangku kuliah, saya harapkan dapat saudara manfaatkan sebagai bekal untuk turut membangun bangsa dan negara Indonesia tercinta secara cerdas, keras, dan ikhlas dengan dilandasi jiwa disiplin, kejuangan, dan kreativitas,” kata dia.

Sebagai lulusan dari universitas yang bercirikan bela negara, ia mengharapkan wisudawan untuk membawa misi sebagai agen-agen bela negara, yang mampu menjadi pionir dalam mempersatukan bangsa, pionir dalam mengembangkan kecintaan terhadap tanah air, meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara.

“Menjadi pionir dalam menjaga kebhinekaan masyarakat Indonesia, serta menjadi problem solver di semua bidang pembangunan di bawah nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945, serta memiliki kemampuan awal dalam bela negara,” katanya.

Untuk mendukung peningkatan kinerja dan kualitas lulusan, UPN Veteran Yogyakarta terus menguatkan sumberdaya, melalui peningkatan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia, pembangunan smart kampus, laboratorium riset terpadu dengan dukungan SBSN, penguatan sistem informasi terintegrasi.

UPN Veteran Yogyakarta juga telah mengimplementasikan Merdeka Belajar, Kampus Merdeka (MBKM), dengan mengirimkan empat mahasiswa mengikuti program II SMA Awardees masing-masing akan berangkat ke University of Pecs Hungary, University of Liverpool, Universidad Autónoma de Madrid dan Sapienza University of Rome.

Advertisement

Untuk kegiatan MBKM dan pembelajaran di luar kampus, para mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta telah berhasil mengikuti Program Magang sebanyak 39 mahasiswa, Studi Independen sebanyak 47 mahasiswa, Program Pejuang Muda dari Kemensos sebanyak 14 mahasiswa, Program Magang Praktek Kerja BRIN lima mahasiswa, Kampus Mengajar sebanyak 15 mahasiswa, Program MSIB Angkatan ke-2 sebanyak 164 mahasiswa dan Program FHCI sebanyak dua mahasiswa. (**)

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Erick Thohir: Rasio Utang BUMN Turun Jadi 35 Persen

News
| Selasa, 05 Juli 2022, 04:47 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement