Advertisement

Sultan Optimistis Tol Jogja & Wisata Bisa Kerek Pertumbuhan Ekonomi

Sunartono
Senin, 23 Mei 2022 - 18:37 WIB
Budi Cahyana
Sultan Optimistis Tol Jogja & Wisata Bisa Kerek Pertumbuhan Ekonomi Sri Sultan HB X - Antara/Andreas Fitri Atmoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAGubernur DIY Sri Sultan HB X optimistis sejumlah faktor seperti wisata, dimulainya pembangunan Tol Jogja Solo dan Tol Jogja Bawen hingga lelang fisik bakal mengerek pertumbuhan ekonomi DIY pada kuartal kedua.

Sultan mengatakan karena pandemi belum berlalu, investasi sulit diperkirakan. Di masa pandemi sebagian besar masyarakat lebih cenderung ingin menyimpan uang mereka.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

BACA JUGA: Terbilang Tinggi, Jumlah Kecelakaan di Kulonprogo Capai 70 Kasus di Bulan Mei

Sultan berharap pembangunan tol di wilayah DIY memberikan dampak pertumbuhan ekonomi karena bakal banyak uang tunai masuk ke DIY.

“Kami berharap tol itu bisa cepat dimulai, biar pun baru pembebasan [lahan] dan sebagainya, sehingga ada pembiayaan-pembiayaan uang cash masuk di DIY. Dengan itu harapannya pertumbuhan ekonomi itu bisa diperkirakan,” kata Sultan di Kompleks Kepatihan, Senin (23/5/2022).

Pertumbuhan ekonomi DIY pada kuartal pertama 2022 di angka 2,91%. HB X yakin pertumbuhan ekonomi di kuartal kedua bakal melonjak. Hal ini tidak lepas dari dimulainya sejumlah lelang pekerjaan fisik sehingga ada transaksi dari setiap proyek tersebut. Selain itu, saat ini pariwisata sudah mulai banyak diserbu pengunjung. Sejumlah kampus di DIY mulai aktif menggelar perkuliahan secara luring.

“Semoga hasilnya di kuartal kedua lebih baik daripada kuartal pertama 2,91%, harapan saya tetap bisa tumbuh karena aspek fisik lelang juga belum [di kuartal pertama]. Pembukaan pariwisata juga belum [di kuartal pertama]. Kampus dibuka juga belum [masuk di kuartal pertama]. Sehingga level 1 saja potensi yang ada belum bergerak masih plus 2,91. Semoga kuartal kedua lebih baik lagi,” kata Sultan.

BACA JUGA: Puluhan Karya Kriya Dipamerkan di TBY, Pengunjung Bisa Nonton Secara Luring

Advertisement

Sultan mengatakan kehadiran wisatawan saat liburan di sejumlah titik wilayah DIY dapat memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi. Sebagian besar wisatawan membelanjakan uangnya di DIY. Transaksi ini menurut Sultan sangat positif karena bisa menjadi pemasukan di luar APBD.

HB X menilai DIY juga wajib berterima kasih terhadap para pemudik saat libur Lebaran. Karena setelah dilarang mudik selama dua tahun, mereka membawa lebih banyak uang kemudian membelanjakannya di DIY. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tarif Ojek Online Akan Ditentukan Gubernur, Begini Tanggapan Ojol

News
| Rabu, 30 November 2022, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Masangin Alkid, Tembus Dua Beringin Bakal Bernasib Mujur

Wisata
| Selasa, 29 November 2022, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement