Advertisement

Ikadin DIY Siap Bantu Sosialisasi Cegah Kecurangan Pemilu 2024

Sunartono
Senin, 30 Mei 2022 - 09:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ikadin DIY Siap Bantu Sosialisasi Cegah Kecurangan Pemilu 2024 Ketua Ikadin DIY terpilih Guntarwan Indar (paling kiri) bersama jajaran pengurus Ikadin DIY berfoto bersama di sela/sela pelaksanaan Musda.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Organisasi profesi advokat, Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) DIY siap mendukung pemerintah dengan melakukan sosialisasi Pemilukada 2024 untuk mencegah terjadinya kecurangan.

Ketua Terpilih DPD Ikadin DIY periode 2022-2026 Guntarwan Indar Wibowo menyatakan siap mendukung pemerintah terkait pelaksanaan Pemilu dan Pilkada 2024. Salah satunya melalui upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk mengikuti tahapan sesuai aturan agar tidak bertentangan dengan hukum.

"Prinsipnya kami siap berkontribusi. Menyosialisasikan supaya masyarakat tahu bahwa pemilihan diminimalisasi adanya kecurangan sehingga tidak terjadi persoalan di kemudian hari," katanya Senin (30/5/2022).

Advokat sebagai salah satu profesi pemberi jasa hukum memiliki peran penting di tengah masyarakat dalam menyukseskan Pemilu. Ia sepakat bahwa proses Pemilukada tersebut harus diminimalisasi terjadinya kecurangan dengan meningkatkan pemahaman masyarakat untuk mengikuti proses pemilihan dengan benar.

Baca juga: 5 Calon Bersaing dalam Musda Ikadin DIY

"Antara lain dengan menempatkan memang dari khusus dari Ikadin mereka bisa jadi memberikan sosialisasi ke masyarakat bahwa dalam pemilihan nantinya secara hukum dilakukan tindakan yang benar untuk mencegah kecurangan," ujarnya.

Selain tanggap dengan isu di eksternal, Guntarwan akan membenahi internal Ikadin. Terutama untuk menambah anggota serta meningkatkan kualitas nya. Menurutnya advokat yang cerdas dan berwibawa sangat dibutuhkan agar mampu berkontribusi dengan baik ketika proses pendampingan ke masyarakat. Hal ini akan dilakukan dengan mengawal kualitas pendidikan profesi advokat. Melalui kerja sama dengan beberapa universitas yang nanti akan mengadakan pembelajaran PKPA dengan dipilih dari pengajar profesional dari perguruan tinggi.

"Untuk mengentaskan advokat berkualitas dan cerdas yang ditelurkan dari DPD. Sehingga ketika beracara mempunyai kualitas yang baik, berwibawa apabila menghadapi klien atau permasalahan di peradilan," katanya.

Guntarwan Indar Wibowo terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Ikadin dalam Musda yang digelar Sabtu (28/5/2022) lalu setelah empat calon mengundurkan diri. Sempat muncul dua nama calon ketua baru dalam forum tersebut namun enggan dicalonkan, sehingga terjadi aklamasi.

"Kami tentu mendukung beliau dan berharap bisa meneruskan estafet kepemimpinan dan menjadikan organisasi lebih baik lagi," kata Ketua DPC Ikadin Bantul Adnan Pambudi. 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Jogja Macet, Berkah bagi Pedagang

Jogja Macet, Berkah bagi Pedagang

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Unggahan JKT48 Dilecehkan di Mal Solo, Gibran Geram

News
| Minggu, 03 Juli 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement