Advertisement

Viral Kuda Malioboro Tiba-tiba Lari Kencang hingga Menabrak Pesepeda

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 03 Juni 2022 - 16:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Viral Kuda Malioboro Tiba-tiba Lari Kencang hingga Menabrak Pesepeda Deretan andong berkirab saat acara unduh-unduh di sepanjang Jalan Urip Sumoharjo, Minggu (9/6/2019). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Seekor kuda dilaporkan berlari kencang tidak terkendali di Jalan Malioboro. Hewan penarik andong itu juga dikabarkan menabrak becak dan wisatawan yang sedang bersepeda. 

Hal tersebut dilaporkan salah satu akun media sosial Instagram @merapi_uncover. "[Breaking News] Jaran tanpa kendali di Malioboro nabrak becak ????," caption dalam unggahan akun tersebut dikutip Harianjogja.com, Jumat (3/6/2022). 

Dalam video yang dia unggah, terlihat ratusan orang berkerumun di Jalan Malioboro saat malam hari. Mereka mengerumuni sebuah becak yang ada di bahu Jalan Malioboro.

Dalam suara yang terdengar dalam rekaman video itu dijelaskan bahwa ada kuda yang tiba-tiba lari dan kemudian menabrak becak. "Banter banget tenan [kencang sekali] tanpa kendali, ra umum tenan," bunyi suara itu. 

Netizen yang diduga ada di lokasi saat kejadian juga ikut membenarkan informasi. 

"Iyo kwi santer bgt mlayu jarane,ngeri pokokke [Iya kencang sekali kudanya berlari, mengerikan]," tulis salah satu akun dalam kolom komentar. 

Yang lain juga menimpali bahwa kuda berlari kencang saat dirinya sedang asyik berfoto di seputaran Mal Malioboro. 

"Kudane kenceng bgtt semalem.. Pas aku lagi foto di jalan area depan mall," tulisnya. 

"nah iki mau , aku sampe merinding , di depan mall nabrak mas2 lagi pit2an [sepedaan]," timpal yang lain. 

Advertisement

Melihat unggahan itu, banyak orang merasa iba pada kuda tersebut. Mereka menilai kuda juga butuh dirawat dengan baik dan tidak hanya dikuras tenaganya untuk menarik andong.

"Namanya hewan pasti ada kalanya susah dikendalikan. Namun hal ini mungkin bisa diantisipasi. Misal ada pengecekan kesehatan kuda secara rutin, faktor sarana dan prasarana juga jd poin penting yg harus di evaluasi serta dibenahi. Yok pariwisata Jogja bisa maju yok," tulis salah satu akun. 

"Jaran e ora mung kon mbut gawe mawon pak, kolo2 yo dimanja.....jaran yo due perasaan j [Kudanya jangan hanya disuruh kerja Pak, sekali-sekali dimanja. Kuda juga punya perasaan]," timpal yang lain. 

Advertisement

Ada pula yang menilai kuda tersebut kelelahan. "Mungkin faktor kelelahan dan stress , memang kadang saya liat sampe kehujanan tu kuda kuda yang ada di Malioboro," tulis warganet. 

Permasalahan kuda Malioboro juga sempat mencuat ke publik sebelumnya. Kuda yang dibiarkan hujan-hujanan di tepi Jalan Malioboro itu sempat membuat mereka geram. Seolah-olah tidak ada rasa iba untuk hewan-hewan yang sudah berjasa menarik andong.  

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Jogja Macet, Berkah bagi Pedagang

Jogja Macet, Berkah bagi Pedagang

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Unggahan JKT48 Dilecehkan di Mal Solo, Gibran Geram

News
| Minggu, 03 Juli 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement