Advertisement

Teladani Perjuangan Bung Karno, PDI Perjuangan DIY Adakan Pagelaran Wayang Republik

Media Digital
Senin, 06 Juni 2022 - 09:27 WIB
Budi Cahyana
Teladani Perjuangan Bung Karno, PDI Perjuangan DIY Adakan Pagelaran Wayang Republik Pagelaran Wayang Republik dengan lakon "Sang Fajar Penerang Kegelapan" sebagai salah satu rangkaian Bulan Bung Karno yang dilaksanakan di DPD PDI Perjuangan DIY, Minggu 5 Juni 2022. - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Bung Karno dikenal oleh publik sebagai Putra sang Fajar. Pengabdian dan kepemimpinan Bung Karno dalam pergerakan kebangsaan patut menjadi teladan generasi muda Indonesia.

Saat memberikan sambutan di pagelaran Wayang Republik dengan lakon "Sang Fajar Penerang Kegelapan" sebagai salah satu rangkaian Bulan Bung Karno yang dilaksanakan di DPD PDI Perjuangan DIY, Minggu 5 Juni 2022, Ketua DPD PDI Perjuangan DIY, Nuryadi, menyampaikan kepada seluruh kader agar melakukan refleksi kepemimpinan, menyelami sosok dan pemikiran Bung Karno, dan teguh dalam perjuangan ideologi, sehingga barisan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan DIY semakin rapat, kuat dan solid.

Advertisement

Sekretaris DPD PDI Perjuangan DIY, Totok Hedi Santosa, yang juga dikenal kiprahnya di dunia seni dan budaya, berkata, "Ibu Megawati menyampaikan hadirlah di tengah masyarakat, berpolitiklah dalam kehidupan sehari-hari, menjaga lingkungan hidup, merawat memelihara kultur, dengan terobosan-terobosan yang sesuai perkembangan jaman.”

"Minggu lalu kami baru saja penutupan festival gamelan yang telah diselenggarakan selama tiga bulan. Malam ini publik kembali disuguhi kesenian wayang. Pendidikan politik melalui media seni budaya akan terus dilakukan,” ujarnya.

Wayang Republik pimpinan Dalang Ki Catur Benyek Kuncoro, dalang yang kritis, humoris, dan inovatif dalam berkarya, malam ini membawa publik untuk mengenang kembali kisah perjalanan hidup Bung Karno. Penonton disuguhi adegan perjuangan Soekarno muda bersama HOS. Cokroaminoto; pergerakan TRIKARA DARMA dan sosok Soekarno sebagai orator ulung; pandangan politik MARHAENISME; Pidato dalam sidang pengadilan di Bandung; sampai dengan masa pendudukan Jepang dan Proklamasi Kemerdekaan bangsa Indonesia. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement