Advertisement

Mantap! Teras Malioboro 2 Kini Tersedia Ruang Laktasi

Newswire
Kamis, 09 Juni 2022 - 16:57 WIB
Bhekti Suryani
Mantap! Teras Malioboro 2 Kini Tersedia Ruang Laktasi PKL Malioboro mulai melihat lokasi Teras Malioboro 2 yang menjadi tempat baru. Mereka mulai menata tempat pada Selasa (1/2/2022). - Harian Jogja/Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Teras Malioboro 2, pusat pedagang kaki lima di kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta, kini dilengkapi dengan ruang laktasi untuk memfasilitasi para ibu menyusui.

"Keberadaan ruang laktasi di ruang publik ini menunjukkan bahwa Pemerintah Kota Yogyakarta serius memberikan dukungan dalam upaya pengendalian stunting," kata Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya saat meresmikan ruang laktasi di Teras Malioboro 2 Jogja, Kamis (9/6/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Ruang laktasi di Teras Malioboro 2 dirancang untuk memfasilitasi para ibu menyusui bayi dengan nyaman. Fasilitas itu juga dilengkapi dengan tempat mengganti popok dan tempat mencuci tangan serta tempat sampah.

BACA JUGA: KPK Diminta Cek Ratusan Izin Hotel Semasa Haryadi Menjabat, Ini Dugaan Masalah yang Ditemukan Warga Jogja

Ruang laktasi tersebut sudah masuk dalam aplikasi Ruang Sehati, yang memungkinkan pengguna mengakses informasi mengenai lokasi ruang laktasi, tumbuh kembang bayi, hingga layanan konsultasi.

Menurut Aman, Pemerintah Kota Yogyakarta akan melakukan observasi lanjutan untuk menyediakan fasilitas serupa di tempat tujuan wisata lain di Kota Yogyakarta.

"Kami akan observasi titik lain untuk penyediaan ruang laktasi dengan spesifikasi teknis yang ideal," katanya.

Selain itu, ia mengatakan, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta akan melakukan pembinaan untuk memperbaiki pengelolaan ruang-ruang laktasi yang sudah tersedia tetapi belum terkelola dengan baik.

Advertisement

Sementara itu, Ketua Tim Peneliti dari Universitas Respati Yogyakarta Giyawati Yulilania Okinarum sebagai inisiator penyediaan ruang laktasi di Teras Malioboro mengatakan bahwa ketersediaan ruang laktasi di lokasi wisata saat ini masih minim.

"Agak sulit mencari ruang laktasi yang layak dan nyaman di tempat wisata. Padahal banyak ibu menyusui yang juga berwisata dan mereka membutuhkan fasilitas tersebut," katanya.

Ruang laktasi di Teras Malioboro, dia mengatakan, dipastikan sudah memenuhi spesifikasi teknis menurut aturan dari Kementerian Kesehatan.

Advertisement

Giyawati mengemukakan bahwa setiap pengelola ruang publik punya kewajiban menyediakan ruang laktasi untuk memfasilitasi para ibu menyusui bayi.

Usrifatul Jannah, seorang wisatawan asal Madura, mengatakan bahwa ruang laktasi di ​​​​​​​Teras Malioboro 2 akan membantu banyak ibu menyusui.

"Tidak hanya wisatawan tetapi juga warga lain di kawasan Malioboro. Dengan ruangan ini, akan memudahkan ibu menyusui bayinya. Sangat bermanfaat," kata Usrifatul.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Libur Akhir Tahun, Pelaku Wisata Magelang Didorong Bersinergi dengan UMKM

News
| Kamis, 08 Desember 2022, 01:27 WIB

Advertisement

alt

Jalan Layang Paling Membingungkan di Dunia, Perlu 10 Menit Keluar Kalau Salah Jalur

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement