Advertisement

Tahapan Sudah Dimulai, Bawaslu Buka Pendaftaran Pemantau Pemilu

Ujang Hasanudin
Minggu, 12 Juni 2022 - 17:17 WIB
Budi Cahyana
Tahapan Sudah Dimulai, Bawaslu Buka Pendaftaran Pemantau Pemilu Bawaslu Bantul saat memberikan keterangan pers di Bawaslu Bantul, Sabtu (11/6/2022). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bantul sudah membuka pendaftaran pemantau pemilu serentak 2024 mendatang. Meski pemilu serentak masih dua tahun lagi, tahapan pemilu sudah dimulai dari 14 Juni 2022.

Anggota Bawaslu Bantul Bidang Hukum, Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat, Dhenok Panuntun Tri Suci Asmawati, mengatakan bawaslu provinsi maupun bawaslu kabupaten kota sudah siap menerima pendaftaran pemantau pemilu sebagaimana telah diatur dalam UU No.7/2017 dan Peraturan Bawaslu No.3/2017.

Advertisement

Adapun syarat calon pemantau pemilu, yakni lembaga berbadan hukum yang terdaftar pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, bersifat independen, mempunyai sumber dana yang jelas, dan terakreditasi dari Bawaslu, baik bawaslu provinsi maupun bawaslu kabupaten dan kota  sesuai dengan cangkupan kewilayahan.

“Pengawasan bersama menjelang tahapan pemilu serentak 2024 yang akan dimulai pada 14 Juni 2022. Bawaslu mengajak semua pihak lapisan masyarakat untuk melakukan pengawasan bersama pada seluruh proses penyelenggaraan tahapan pemilu serentak 2024,” kata Dhenok, Sabtu (11/6/2022).

Dhenok mengakui saat ini belum ada yang mendaftar pemantau pemilu. Ia berharap lembaga masyarakat, ormas, maupun perguruan tinggi untuk segera mendaftar menjadi pemantau pemilu. Saat ini Bawaslu Bantul sudah melakukan berbagai kegiatan untuk meningkatkan pengawasan partisipatif dengan melakukan kerjasama berbagai pihak, yakni pemerintah daerah, organisasi perangkat daerah (OPD), Polres Bantul, Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) AN-Nur, serta melakukan pengembangan kalurahan Anti Politik Uang (APU) di wilayah Bantul.

Anggota Bawaslu Bidang Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga, Supardi menambahkan kalurahan APU akan terus dikembangkan dan diharapkan terbentuk di 75 kalurahan se-Bantul. Saat ini kalurahan APU baru terbentuk di 13 kalurahan, yakni Kalurahan Murtigading (Kapanewon Sanden), Tirtohargo (Kretek), Wirokerten (Banguntapan), Panggungharjo (Sewon), Dlingo (Dlingo), Sitimulyo (Piyungan), Temuwuh (Dlingo), Sriharjo (Imogiri), Pleret (Pleret), Canden (Jetis), Tirtonirmolo (Kasihan), Terong (Dlingo), Srigading (Sanden).

Saat ini Bawalu masih terus melakukan sosialisasi terbentukanya kalurahan APU. Dalam waktu dekat ini kemungkinan akan terbentuk kalurahan APU Kapanwon Sedayu, yakni Kalurahan Argodadi,  Argomulyo, Argosasi, dan Argorejo dan di Kapanewon Pajangan ada Kalurahan Trwidadi.

“Proses lebih lanjut kami coba menggandeng beberapa kalurahan lagi untuk ikut jadi APU.  Pengembangan APU menggandeng OPD terkait seperti Badan Kesatuan Bangsa dan Politik [Kesbangpol] dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan [PMK].  Supaya proses pembentukan APU ke depan cepat.  Harapan 75 kalurahan semua jadi kalurahan APU,” kata Supardi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendag Sebut Kemendag Tak Tinggal Diam Mengetahui Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement