Advertisement

Naik Bus Sambil Belajar Sumbu Filosofi, JHT Sudah Diakses Ribuan Warga Jogja

Yosef Leon
Rabu, 15 Juni 2022 - 11:27 WIB
Bhekti Suryani
Naik Bus Sambil Belajar Sumbu Filosofi, JHT Sudah Diakses Ribuan Warga Jogja Jajaran Dinas Kebudayaan DIY bersama penumpang bus JHT bergambar bersama seusai seremonial pemberian buket bunga kepada penumpang ke 1.500 bus itu, Selasa (14/6/2022) di Museum Sonobudoyo-Harian Jogja - Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY mengapresiasi penumpang ke 1.500 bus Jogja Heritage Track (JHT) pada Selasa (14/6/2022). Sejak resmi diluncurkan beberapa waktu lalu antusiasme warga untuk berkeliling menggunakan bus itu cukup signifikan. 

Apresiasi pemberian buket bunga dilakukan secara simbolis kepada penumpang ke 1.500 di Museum Sonobudoyo. Adapun penumpang yang beruntung itu berasal dari Kemantren Gondomanan dan Kelurahan Ngupasan.

Advertisement

"Banyak hal yang kami peroleh dari perjalanan satu sampai dua jam dengan bus ini, luar biasa sekali untuk mengenalkan makna dari Sumbu Filosofi dan berbagai bangunan serta cagar budaya yang ada di Jogja," kata Rini peserta dari Kemantren Gondomanan. 

Dia mengapresiasi upaya Dinas Kebudayaan yang berusaha mengenalkan kawasan Sumbu Filosofi dengan inovasi yang baru. Ia juga merasa bangga setelah mengetahui makna Sumbu Filosofi serta ragam arsitektur bangunan yang dimiliki Jogja. 

BACA JUGA: Begini Gambaran Ancaman Banjir Rob di Pesisir Jogja Menurut BMKG

Kepala Dinas Kebudayaan DIY,  Dian Lakshmi Pratiwi menyebut, antusiasme masyarakat untuk naik dan berkeliling dengan bus JHT memang cukup signifikan. Saking antusiasnya, antrean bahkan sudah penuh untuk beberapa waktu ke depan. 

Pada seremonial perayaan penumpang yang ke 1.500 ini ada sejumlah hal yang menjadi evaluasi dari Dinas Kebudayaan berkaitan dengan operasional bus JHT. "Khususnya berkaitan dengan substansi dulu ya, kan kategorinya agak berat. Jadi bagaimana edukator mampu menceritakan dengan menyenangkan," ujarnya. 

Untuk saat ini, penumpang bus JHT masih dikhususkan kepada warga DIY. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab Dinas Kebudayaan menganggap masih ada warga setempat yang belum tahu soal makna Sumbu Filosofi dan pengajuan Jogja sebagai warisan budaya dunia. 

Dinas Kebudayaan DIY juga mengharuskan penumpang untuk mendaftar melalui daring untuk bisa merasakan pengalaman menaiki bus JHT. Setelah diberi jadwal, penumpang akan diajak berkeliling ke sejumlah tempat di area Sumbu Filosofi berikut bangunan bersejarah yang dimiliki Jogja. 

Advertisement

"Banyak hal yang harus kami kebut, minimal masyarakat itu tahu bahwa daerahnya maju sebagai warisan dunia dan tahu yang menjadi nominasi itu seperti apa substansinya," ucap Dian.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Cek Jadwal KRL Jogja-Solo 1 Juli 2022

Cek Jadwal KRL Jogja-Solo 1 Juli 2022

Jogjapolitan | 5 hours ago
OPINI: Gaji ke-13 Anda Untuk APA?

OPINI: Gaji ke-13 Anda Untuk APA?

Jogjapolitan | 5 hours ago
Top 7 News Harianjogja.com 1 Juli 2022

Top 7 News Harianjogja.com 1 Juli 2022

Jogjapolitan | 6 hours ago

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Telkom Kembali Raih The Grand Stevie Award for Organization of The Year

News
| Jum'at, 01 Juli 2022, 13:42 WIB

Advertisement

alt

Ubud Terbaik ke-6 Destinasi Dunia untuk Solo Traveler

Wisata
| Jum'at, 01 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement