Advertisement

Ribuan Mahasiswa Asing Daftar di UMY, Paling Banyak dari Afghanistan

Sunartono
Kamis, 16 Juni 2022 - 10:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ribuan Mahasiswa Asing Daftar di UMY, Paling Banyak dari Afghanistan Mahasiswa Asing yang berkuliah di UMY. - Ist/UMY.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Sedikitnya 1.411 mahasiswa dari 59 negara mendaftar di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada tahun akademik 2022. Dari ribuan tersebut, calon mahasiswa asal Afghanistan paling mendominasi.

Kepala Kantor Kerja Sama Internasional UMY Yordan Gunawan, menjelaskan terjadi kenaikan lebih dari 100% mahasiswa asing yang mendaftar di UMY pada periode kali ini. Jika pada 2019 tercatat ada 190 calon mahasiswa, 2021 ada 601 mahasiswa dari 49 negara, namun pada 2022 ini tercatat ada 1.411 calon mahasiswa dari 59 negara yang mendaftar di UMY.

"Jumlah calon mahasiswa asing yang mendaftar ini mengalami peningkatan signifikan," katanya lewat keterangan tertulis, Kamis (16/6/2022).

Ia menambahkan calon mahasiswa asing terbanyak yang mendaftar ke UMY berasal dari Afganistan sebanyak 245 orang, Anggola 129 orang, Yaman 90 orang, Pakistan dan Nigeria sekitar 60 orang. Selain itu ada Amerika Serikat, Turki, Tunisia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Rusia, Polandia yang juga mencatatkan cukup tinggi sebagai asal negara pendaftar calon mahasiswa di UMY.

Baca juga: Kantor Imigrasi Minta Mahasiswa Asing di Jogja Gunakan Aplikasi Si Mas Karyo

"Peningkatan ini merupakan salah satu bentuk ketercapaian UMY bereputasi Internasional,” tambahnya.

Kampus terus berusaha untuk meningkatkan peminatan mahasiswa asing yang mendaftar di UMY. Salah satunya melalui Ambassador Gathering yang digelar pada Kamis (16/6/2022), di Gedung PP Muhammadiyah Jakarta. Kegiatan itu untuk memberikan informasi terbaik kepada perwakilan kedutaan negara yang hadir terkait UMY sekaligus komunikasi antara kampus dengan kedutaan terkait mahasiswa asing yang menanyakan kondisi kampus yang dituju.

"Serta memastikan mahasiswa asing yang akan masuk di UMY bersih dari masalah kriminal, dan lain-lain. Karena kemudian hari kita akan berurusan dengan kedutaan negara dari mahasiswa asing berasal,” ujarnya.

Dari 1411 mahasiswa asing yang mendaftar terdapat beberapa program studi yang paling diminati, di antaranya teknik informasi, teknik sipil, l kedokteran gigi, teknik elektro, yang mendaftar lebih dari 50 pendaftar. Sedangkan di rumpun sosial-politik, paling banyak diminati pada program studi manajemen, pendidikan bahasa inggris, hubungan internasional.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Top 7 News Harianjogja.com 2 Juli 2022

Top 7 News Harianjogja.com 2 Juli 2022

Jogjapolitan | 13 hours ago

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Musim Liburan, Begini Kondisi Kasus Covid-19 di DIY

News
| Sabtu, 02 Juli 2022, 20:57 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement