Advertisement

Liburan Sekolah Tiba, Bantul Mulai Diserbu Wisatawan

Ujang Hasanudin
Senin, 20 Juni 2022 - 15:37 WIB
Bhekti Suryani
Liburan Sekolah Tiba, Bantul Mulai Diserbu Wisatawan Suasana Pantai Parangtritis dipenuhi para wisatawan, Sabtu (25/12/2021). - Harian Jogja - Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Dinas Pariwisata Bantul memprediksi pengunjung wisata ke sejumlah objek wisata di Bantul akan terus meningkat seiring sudah tibanya musim liburan sekolah, bahkan pada akhir pekan lalu pengunjung wisata sudah meningkat.

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Wisata, Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi mencatat data kunjungan wisata ke objek wisata yang dikelola Pemkab Bantul pada 17-19 Juni tercatat ada 31.670 orang. Dari jumlah tersebut Dinas Pariwisata memperoleh Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp307.150.500.

Sementara akhir pekan sebelumnya atau pada 10-12 Juni jumlah pengunjung sebanyak 31.061 orang dengan jumlah pendapatan sebesar Rp301.368.750, “Pengunjung pada pekan lalu naik 1,9 persen dibanding weekend sebelumnya,” kata Markus, saat dihubungi Senin (20/6/2022).

Tidak hanya data weekend yang meningkat namun kunjungan dalam sepekan juga meningkat. Markus mencatat kunjungan selama 13-19 Juni ada 46.493 orang dengan pendapatan Rp450.294.750. Sementara sepekan sebelumnya jumlah kunjungan wisata pada 6-12 Juni sebanyak 43.789 orang dengan pendapatan Rp425.058.750

BACA JUGA: Leptospirosis Mengganas, Seorang Warga Bantul Meninggal Dunia

“Kunjungan dalam sepekan lalu naik 6,1 persen dibanding seminggu sebelumnya,” ujar Markus.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Ipung ini mengatakan terdapat sejumah faktor naiknya pengunjung wisata ke objek wisata yang dikelola Pemkab Bantul ini, di antaranya karena musim liburan sudah tiba, “Karena sekolah sudah selesai menyelenggarakan ujian sekolah,” kata dia.

Selain itu pada pekan lalu memang ada momen festival surfing bertajuk "Sar Satlinmas Parangtritis National Surfing Competition "di Pantai Parangtritis, selama dua hari pada Sabtu-Minggu (18-19/6/2022).  Kompetisi berselancar tingkat nasional ini untuk meningkatkan kunjungan wisatawan yang terpuruk selama dua tahun akibat pandemik Covid-19 yang hingga saat ini belum berakhir.

Ipung berujar kunjungan wisata selama tahun ini terus mengalami peningkatan dari pekan ke pekan bahkan sudah mendekati angka sebelum kondisi pandemi Covid-19. Ia berharap peningkatan kunjungan wisata ke Bantul ini dapat mendongkrak perekonomian warga khususnya dari sektor wisata. Karena itu pihaknya akan mendukung berbagai kegiatan yang diselenggarakan di objek wisata termasuk kompetisi berselancar tingkat nasional.

Ketua Panitia SAR Satlinmas Parangtritis National Surfing Competition, Muhammad Arief Nugraha mengatakan kompetisi surfing yang digelar akhir pekan lalu merupakan kompetisi surfing beskala nasional sehingga peserta mulai dari Pulau Jawa hingga Pulau Bali.

Advertisement

Terdapat 60 peserta yang mengikuti ajang berselancar tingkat nasional tersebut. Dari 60 peserta sebanyak 36 peserta bertanding di kelas open, 20 peserta berlaga di kelas lokal dan 4 peserta bertanding di kelas women.

Arief mengatakan event yang sudah diselenggarakan ketiga kalinya tersebut sengaja digelar untuk mempromosikan olahraga berselancar di Parangtritis, “Selain itu juga untuk mendongkrak kunjungan wisata,” ucapnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Pemerintah Luncurkan Buku Vaksinasi Covid-19

News
| Jum'at, 12 Agustus 2022, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Jajal Keseruan Flying Fox Ledok Sambi, Solusi bagi yang Malas Lewat Tangga

Wisata
| Kamis, 11 Agustus 2022, 13:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement