Advertisement

Bertemu Sultan, Dubes Inggris Bahas Sejumlah Agenda Ini

Sunartono
Selasa, 21 Juni 2022 - 21:27 WIB
Bhekti Suryani
Bertemu Sultan, Dubes Inggris Bahas Sejumlah Agenda Ini Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat menerima kunjungan Dubes Inggris dan Timor Leste Owen Jenkins di Kepatihan, Selasa (21/6/2022) - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenskins bertemu Gubernur DIY Sri Sultan HB X di Kompleks Kepatihan Selasa (21/6/2022). Pertemuan itu di antaranya membicarakan tentang manuskrip hingga potensi kerja sama ekonomi kreatif (Ekraf).

Dubes Inggris dan Timor Leste Owen Jenkins mengatakan dalam pertemuan itu ia menangkap keinginan Sultan HB X akan masa depan DIY yang lebih baik. Sehingga ada sejumlah pembahasan terkait potensi kerja sama antara DIY dengan Inggris. Antara lain kerja sama bidang Ekraf, ekonomi digital dan pendidikan.

Advertisement

"Kami berdiskusi terkait potensi kerja sama mulai dari ekonomi kreatif, digital dan pendidikan. Kami mengundang Bapak Gubernur untuk mengunjungi Inggris, semoga beliau bisa datang," katanya di Kepatihan.

Selain itu, bahasan menarik lainnya yaitu terkait manuskrip kuno yang sebenarnya sudah ada diskusi antara Pemda DIY dengan Perpusnas Inggris. Meski sebenarnya pembahasan itu lebih cocok dengan British Library, namun Owen mengapresiasi Pemda DIY. Terutama langkah DIY melakukan digitalisasi manuskrip kuno yang telah dilakukan sejak 2019.

BACA JUGA: Jogja Terbitkan Aturan Jam Malam, Maksimal Jam 10 Malam Anak-anak Dilarang Keluar

"Pak Gubernur juga menyampaikan banyak tentang program Kraton seperti seminar dan pameran dan kami sangat menantikan kerja sama di bidang Manuskrip ini," ujarnya.

Owen merasa terhormat diterima langsung oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X yang juga Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Ia sangat mengapresiasi kepemimpinan Sultan HB X selama pandemi. "Saya sangat mengapresiasi kepemimpinan beliau dalam menangani pandemi Covid-19, kepeduliannya terhadap kesehatan dan keselamatan masyarakat DIY," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Petani Jateng Terima 10 Ribu Alsintan, Pj Gubernur Jateng Optimis Produksi Pangan Meningkat

News
| Selasa, 23 April 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement