Advertisement

Kuota Siswa Baru PPDB SMP di Bantul Sudah Penuh

Newswire
Rabu, 22 Juni 2022 - 19:27 WIB
Bhekti Suryani
Kuota Siswa Baru PPDB SMP di Bantul Sudah Penuh Ilustrasi PPDB. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Pemerintah Kabupaten Bantul menyatakan daya tampung siswa baru di semua sekolah menengah pertama negeri daerah itu terpenuhi melalui proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2022 yang dibuka sejak Senin (20/6/2022) sampai Rabu siang.

"Ini tadi sudah saya cek, dan Alhamdulillah rata-rata sekolah yang saya pantau semua penuh tidak ada yang kurang siswanya," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Bantul Isdarmoko di Bantul, Rabu.

Advertisement

Menurut dia, total daya tampung siswa baru di seluruh SMP Negeri se-Bantul yang berjumlah 47 sekolah sekitar 8.300 siswa, rata-rata setiap sekolah terpenuhi setelah membuka PPDB melalui empat jalur yaitu jalur zonasi, jalur prestasi, jalur afirmasi dan jalur perpindahan tugas orang tua.

Namun demikian, kata dia, dalam PPDB tidak semua sekolah bisa menerima siswa sesuai kuota. Untuk diketahui, jalur zonasi termasuk zonasi lingkungan kuotanya 50 persen, afirmasi 15 persen, prestasi 30 persen dan perpindahan tugas orang tua lima persen.

BACA JUGA: Pria Bantul yang Ajak Keluarganya Bunuh Diri di Sungai Opak Ditemukan Tak Bernyawa

"Jadi memang apabila pada jalur zonasi yang radius 500 meter tidak terpenuhi, atau prestasi tidak terpenuhi akan ditambahkan oleh sistem ke jalur zonasi yang wilayah itu, jadi memang ada yang menerima lebih dari 50 persen untuk zonasi," katanya.

Dia mengatakan, begitu juga sebaliknya, dikarenakan ada sekolah yang berada di sekitar sawah bukan penduduk, sehingga untuk mengukur jarak dengan rumah dalam radius 500 meter itu, tidak memungkinkan, sehingga ada yang kurang dari 50 persen.

"Bahkan yang prestasi 30 persen itu hanya terpenuhi 20 persen, jadi sisanya 10 persen otomatis masuk di jalur zonasi, perpindahan tugas orang tua ternyata tidak ada, jadi lima persen masuk lagi di situ, jalur zonasi itu bisa lebih dari 50 persen, itu sesuai kebijakan Pak Menteri," katanya.

Isdarmoko mengatakan, selain daya tampung di setiap SMP Negeri terpengaruh, dalam pelaksanaan PPDB secara online tidak ada persoalan baik terkait teknis maupun jaringan, selama proses pendaftaran, Dinas Dikpora telah membuka posko bersama terkait PPBD online.

"Alhamdulillah PPDB hingga hari terakhir relatif kondusif, juga lancar, tidak ada masalah, kaitan sistem aplikasi, tidak ada kendala, hanya memang sempat ada keluhan adanya keterlambatan verifikasi terkait jarak 500 meter, tapi itu sudah terselesaikan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement