Advertisement

Program Sahabat Wash PMI-Indomaret Salurkan Bantuan Donasi

Media Digital
Rabu, 22 Juni 2022 - 06:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Program Sahabat Wash PMI-Indomaret Salurkan Bantuan Donasi Penyerahan secara simbolis bantuan donasi pelanggan Indomaret terkait Program Sekolah Sehat, Aman, dan Hebat (Sahabat Wash PMI) di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan, Selasa (21/6/2022). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

SLEMAN-Program Sekolah Sehat, Aman, dan Hebat (Sahabat Wash PMI) di DIY diakhiri dengan serah terima bantuan donasi dari CSR Indomaret di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan, Selasa (21/6/2022). Total nilai bantuan yang diserahkan sebesar Rp1,26 M.

Ketua PMI DIY GBPH Prabukusumo mengatakan Program Sekolah Sehat, Aman, dan Hebat (Sahabat Wash PMI) mendapat dukungan dari Donasi Pelanggan Indomaret. Program tersebut dilaksanakan di 10 PMI Kabupaten dan Kota di Indonesia. "Dua di antaranya digelar oleh PMI Sleman di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan dan PMI Kota Jogja di SD Negeri Baciro," katanya di sela-sela kegiatan.

Selama lima bulan program berjalan, di sekolah sasaran dibangun penyediaan fasilitas air, sarana prasarana kesehatan, toilet, penyediaan fasilitas titik evakuasi bencana, Unit Kesehatan Sekolah, dan Unit Palang Merah Remaja (PMR). "Selain penyediaan sarana fisik, kegiatan juga menyasar pada edukasi perilaku hidup bersih dan sehat seperti cuci tangan pakai sabun dan menggosok gigi," paparnya.

Untuk sekolah bersih lingkungan sehat yang dibangun berupa edukasi kebersihan lingkungan sekolah tanpa sampah serta kampanye 3 M di sekolah. Termasuk menciptakan sekolah aman siswa berupa edukasi sekolah aman tangguh bencana.

"Kami berterima kasih dan mengapresiasi sumbangan yang diberikan oleh pelanggan Indomaret kepada masyarakat melalui PMI DIY. Ini merupakan bukti kepedulian masyarakat kepada sesama," katanya.

PMI, lanjut Gusti Prabu akan mengelola bantuan ini dengan akuntabel sesuai tujuan program. Program yang menyasar pada siswa sekolah sangat strategis untuk menyiapkan sejak dini dalam perilaku hidup bersih dan sehat, peduli lingkungan, serta kesiapsiagaan bencana.

Marketing Communication Executive Director PT Indomarco Prismatama, Feki Oktavianus mengatakan program tersebut fokus utama pada upaya penyediaan fasilitas air, sarana prasarana kesehatan dan sanitasi, serta edukasi kebersihan diri dan lingkungan bagi sekolah. 

Secara nasional, total donasi yang disalurkan dalam program ini sekitar Rp5,9 Miliar. Untuk DIY, total donasi yang disalurkan senilai Rp1,26 miliar terdiri dari dua truk tangki air senilai Rp1,1 miliar dan program sahabat wash PMI senilai Rp165 juta. "Kami berterima kasih kepada semua pihak yang mensukeskan program ini terutama kepada pelanggan Indomaret yang ikut peduli untuk meningkatkan kesehatan masyarakat," katanya.

Sekda Sleman Harda Kiswaya yang menghadiri kegiatan tersebut menilai keterlibatan semua pihak untuk membantu masyarakat sangat membantu program-program pemerintah. Perusahaan-perusahaan bisa menyalurkan dana CSRnya untuk membantu masyarakat. "Ini langkah baik para pelaku usaha untuk kepentingan masyarakat. Kami berharap kegiatan ini bisa ditiru oleh perusahaan lainnya untuk membantu masyarakat," katanya.

Hal senada disampaikan Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Fardian Imam Muttaqin menjelaskan program tersebut sangat bermanfaat bagi sekolah dan siswa. Para siswa juga diberi pelatihan untuk mitigasi kesehatan dan kebencanaan. "Di sini satu fasilitas toilet direnovasi, 8 fasilitas westafel dan beberapa fasilitas lainnya. Jadi sangat membantu kami," katanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Total 11 Wajib Pajak Crazy Rich Ikut Program Pengungkapan Sukarela

News
| Jum'at, 01 Juli 2022, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Dieng Culture Festival 2022 Digelar September 2022

Wisata
| Jum'at, 01 Juli 2022, 14:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement