Advertisement

Harga Minyak Goreng Curah di Bantul Sudah Normal

Ujang Hasanudin
Kamis, 23 Juni 2022 - 17:27 WIB
Budi Cahyana
Harga Minyak Goreng Curah di Bantul Sudah Normal Ilustrasi pedagang gorengan menggoreng tahu. - Antara/Budi Candra Setya

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Harga minyak goreng (migor) curah di Bantul sudah normal sejak beberapa hari terakhir atau sudah Rp14.000 untuk satu liter.

Siti Hanifah, salah satu pemilik toko kelontong di Pasar Bantul, mengatakan sudah sejak lima hari lalu harga migor curah yang ia jual Rp14.000 per liter. Sebab, harga dari distributor juga sudah turun, yakni Rp13.000 per liter.

BACA JUGA: Baru Tengah Tahun, Kasus DBD Sudah Lampaui Kejadian 2021

“Sudah normal harganya, sudah Rp14.000 sejak lima hari lalu,” kata Hanifah, saat ditemui di tokonya, Kamis (23/6/2022).

Meski harga dari distributor sudah turun, tetapi pembelian tetap dibatasi. Ia hanya memperoleh 20 jeriken dari distributor di Prambanan dan dua jeriken dari distributor migor di Bantul. Padahal, dalam sepekan Hanifah membutuhkan setidaknya 50 jeriken migor curah.

Menurut dia, migor curah paling laku dijual terutama para usaha kecil seperti penjual gorengan dan penjual pecel lele. Sementara harga minyak goreng kemasan masih stabil tinggi, yakni Rp22.000-Rp23.000 per liter. “Yang paling laku minyak curah,” katanya.

Senada, Sumiyati juga mengaku harga minyak goreng sudah turun sejak beberapa hari terakhir ini, tetapi stok dari distributor masih dibatasi. Dari distributor di Bantul ia hanya mendapat jatah empat jeriken, sementara dari distributor Indomarco dapat lima jeriken dengan harga Rp12.500 per liter. Sementara satu jeriken isi 18 liter.

“Harga sudah turun tapi stok masih dibatasi,” kata Sumiyati.

Stok dari distributor di Bantul ada tiap hari dengan jatah empat jeriken. Sementara, dari Indomarco hanya sepekan sekali. Selain itu, dia juga dikirimi minyak curah sudah dalam kemasan botol dari Hemat tetapi tanpa label dengan harga Rp14.000 per liter kemudian ia jual kembali Rp15.000.

BACA JUGA: Penerbangan Longgar, Penerbitan Paspor di Jogja Naik 157%

Advertisement

Sekretaris Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (UKM) Perindustrian dan Perdagangan (Dinkop UKM Perindag) Bantul, Yanatun Yunadiana, mengatakan dari hasil pantauannya di sejumlah pasar rakyat di Bantul, harga migor curah saat ini sudah turun dengan kisaran harga Rp14.000-15.000 per liter. “Jadi harga minyak curah sudah normal,” katanya.

Demikian stok dari sejumlah distributor diklaimnya juga aman sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.  

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com 7 Juli 2022

News
| Kamis, 07 Juli 2022, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Girls, Ini Tips Solo Travelling untuk Anda

Wisata
| Selasa, 05 Juli 2022, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement