Advertisement

Laboratorium di DIY Bersiap Hadapi Lonjakan Kasus Covid-19

Sunartono
Selasa, 28 Juni 2022 - 20:07 WIB
Bhekti Suryani
Laboratorium di DIY Bersiap Hadapi Lonjakan Kasus Covid-19 Petugas laboratorium Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta tengah membongkar, memeriksa dan mendata sampel swab Covid-19 yang dikirim oleh berbagai rumah sakit di DIY-Jateng, Senin (13/4/2020), di laboratorium BBTKLPP di Jalan Imogiri Timur, Banguntapan, Bantul.-Harian Jogja - Bhekti Suryani.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) DIY siap mengantisipasi kemungkinan lonjakan kasus Covid-19.

Kepala BBTKLPP DIY Irene menjelaskan laboratorium ikut melakukan antisipasi prediksi lonjakan kasus Covid-19 pada Juli mendatang. Dari sisi sumber daya manusia juga disiapkan untuk mengoperasikan empat mesin PCR guna memaksimalkan pemeriksaan.

Advertisement

"Mesin PCR kami ada empat bisa diaktivasi semua seandainya terjadi lonjakan kasus. Setiap PCR bisa memeriksa 96 sampel," katanya Selasa (28/6/2022).

BACA JUGA: Polisi Dituding Salah Tangkap Pekaku Rasjal di Gedongkuning

Irene mengatakan kondisi sampel yang masuk ke laboratorium BBTKLPP DIY dalam beberapa pekan terakhir tergolong kecil. Ia mencontohkan pada Senin (27/6/2022) dalam sehari hanya ada tujuh sampel yang masuk dan semuanya negatif Covid-19.

Pada hari lain seperti Jumat (24/6/2022) dan Sabtu (25/6/2022) dari dua hari tersebut hanya ada lima sampel masuk, satu di antaranya positif. BBTKLPP juga siap untuk melakukan pemeriksaan whole genome sequencing (WGM) untuk deteksi varian baru BA.4 dan BA.5.

"Prinsipnya kami siap. Sampai saat ini belum ada lonjakan kasus, kalau pun terjadi lonjakan ya kami siap, tentunya kami tidak sendiri ada laboratorium lain juga yang membantu," katanya.

BBPTKLPP juga memiliki mobil PCR yang bisa digunakan. Namun saat ini masih digunakan untuk pemeriksaan calon jemaah haji di Donohudan, Solo. "Kalau seandainya perlu siap digeser ke Jogja, yang penting semuanya selesai. Karena ketugasan jemaah haji juga penting," ucapnya.

Sebagai salah satu antisipasi lonjakan kasus yang diperkirakan terjadi pada Juli, DIY juga mempercepat vaksinasi booster. Mengingat capaiannya secara umum masih di bawah 50%. Kabag Humas Biro UHP Setda DIY Ditya Nanaryo Aji menyatakan hingga Senin capaian vaksinasi booster seluruh DIY di angka 35,59% atau 1.024.918 jiwa.

"Saat ini sentra-sentra vaksinasi mulai banyak digelar, Pemda DIY berkolaborasi dengan banyak pihak seperti lembaga terkait hingga kampus. Agar cakupan booster ini bisa terus ditingkatkan," ucapnya.

Selain vaksinasi pemerintah terus melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan. Terutama pada ruang publik seluruh warga diimbau untuk tetap mematuhi prokes terutama menggunakan masker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Buka Opsi Penyidikan Dugaan TPPU Dana Hibah APBD Provinsi Jawa Timur

News
| Sabtu, 20 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement