Advertisement

UPN Veteran Yogyakarta Buka Rekrutmen untuk Rektor Baru

Anisatul Umah
Selasa, 28 Juni 2022 - 16:07 WIB
Bhekti Suryani
UPN Veteran Yogyakarta Buka Rekrutmen untuk Rektor Baru Rektor UPNVY, M Irhas Effendy memberikan sambutan dalam konferensi pers pemilihan rektor UPNVY, Selasa (28/06/2022)-Harian Jogja - Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVY) sedang mencari calon rektor baru untuk periode 2022-2026. Pendaftaran sudah dibuka sejak 27 Juni 2022 sampai 13 Juli 2022 mendatang. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mendaftar jadi calon rektor.

Diantaranya merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) berpengalaman sebagai dosen dengan jabatan fungsional minimal Lektor Kepala, berpendidikan Doktor (S3), dan berusia paling tinggi 60 tahun pada 26 Oktober 2022 saat masa jabatan Rektor UPNVY periode 2018 - 2022 berakhir.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor UPNVY Periode 2022-2026, Joko Soesilo mengatakan calon rektor juga harus memiliki pengalaman manajerial dan paling rendah memiliki jabatan Ketua Jurusan atau sebutan lain yang setara.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Atau Ketua Lembaga paling singkat dua tahun di Perguruan Tinggi Negeri atau paling rendah sebagai pimpinan tinggi pratama/pejabat eselon IIA di lingkungan instansi pemerintah, dan bersedia dicalonkan menjadi Rektor UPNVY periode 2022-2026.

"Selain sehat jasmani dan rohani, bebas narkotika, prekursor, dan zat adiktif lainnya, bakal calon rektor harus memiliki penilaian prestasi kerja pegawai yang setiap unsurnya paling rendah bernilai baik dalam dua tahun terakhir," ujarnya di UPNVY, Selasa (28/06/2022).

BACA JUGA: Prokes Kendur di Mal Kena Sorotan Sekda DIY

Kemudian calon rektor tidak sedang menjalani belajar atau izin belajar lebih dari enam bulan yang meninggalkan tugas Tridharma Perguruan Tinggi. Tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat dan tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap.

"Tidak pernah melakukan plagiat sebagaimana diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan dan telah membuat dan menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi," lanjutnya.

Sekretaris Senat, Yanisworo Wijaya Ratih menjelaskan proses pemilihan rektor ini melalui empat tahap. Di mana dalam proses seleksi nantinya panitia pemilihan rektor akan berkoordinasi dengan senat.

Advertisement

"Pemilihan ini memang jauh-jauh hari dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang berlaku bahwa proses pemilihan dimulai lima bulan sebelumnya," ucapnya.

Sementara itu, Rektor UPNVY M Irhas Effendy berharap pada kepemimpinan berikutnya, bisa membawa UPNVY menjadi lebih baik. Menurutnya ada masih banyak tantangan lama dan nanti akan bertambah dengan tantangan baru.

"Kita berharap kepemimpinan berikutnya yang terpilih bisa membawa UPN lebih baik," ucapnya.

Advertisement

Berikut tahapan pemilihan rektor UPNVY:

-  Pendaftaran : 27 Juni 2022 - 13 Juli 2022

-  Seleksi Administrasi : 14 Juli 2022

-  Pengumuman Hasil Penjaringan : 1-12 Agustus 2022

Advertisement

-  Penyerahan visi, misi, dan program kerja : 15-19 Agustus 2022

- Penyampaian visi dan misi rektor : 22 - 25 Agustus 2022

- Penyampaian hasil pemilihan rektor : 12 Oktober 2022

Advertisement

- Penetapan dan pelantikan rektor : 26 Oktober 2022

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Surat Pemecatan Fredy Sambo Sudah Ditandatangani Presiden Jokowi

News
| Jum'at, 30 September 2022, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement