Advertisement

Sultan HB X Jadi Tokoh Pemersatu Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang

Sunartono
Rabu, 29 Juni 2022 - 07:07 WIB
Sirojul Khafid
Sultan HB X Jadi Tokoh Pemersatu Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat menerima penghargaan The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star dari Kaisar Jepang, Selasa (28/6/2022). - Ist/Pemda DIY.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, mendapatkan penghargaan Bintang Tanda Jasa dari Pemerintah Jepang. Penyerahan penghargaan itu dilakukan oleh Dubes Jepang untuk Indonesia Kanasugi di Jakarta, Selasa (28/6/2022) malam.

Sultan HB X yang juga Raja Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat ini dinilai sebagai tokoh yang berkontribusi penting terhadap hubungan diplomatik Jepang dengan Indonesia sehingga terjalin erat.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Dubes Jepang untuk Indonesia, Kanasugi, mengungkap Pemda DIY telah menandatangani kesepakatan persahabatan dengan Prefektur Kyoto sejak tahun 1985. Serta secara aktif terlibat dalam pertukaran budaya masyarakat dengan Prefektur Kyoto, yang juga merupakan kota yang kaya akan budaya dan tradisi di Jepang.

Ia mencatat Sultan HB X telah beberapa kali melakukan kunjungan kerja ke Jepang, di antaranya pada momentum penting di 2008 bertepatan dengan peringatan hubungan diplomatik Indonesia Jepang ke-50. Kemudian pada 2015 pada peringatan 30 tahun kesepakatan persahabatan antar DIY dengan Kyoto.

BACA JUGA: Laboratorium di DIY Bersiap Hadapi Lonjakan Kasus Covid-19

"Prefektur Kyoto, di mana saat itu upaya untuk mempromosikan hubungan persahabatan antara DIY dan Kyoto, telah dilakukan melalui sejumlah pertukaran budaya dan ekonomi serta di berbagai bidang yang lain. Selain itu, Yang Mulia Sri Sultan HB X juga mendukung penyelenggaraan acara heritage walk di Jogja, di mana pada saat itu banyak warga Jepang turut berpartisipasi," katanya Selasa malam.

Ia menambahkan Sultan juga mendukung kelancaran penerimaan bantuan dari Jepang saat bencana gempa bumi terjadi di Jogja tahun 2006. Selain itu ikut berkontribusi dalam acara amal saat gempa bumi besar melanda Jepang bagian timur. Melalui kegiatan itu Sultan dinilai ikut mempromosikan pertukaran dan kerja sama antara Jepang dan Indonesia di bidang olahraga, pencegahan bencana, dan tanggap bencana.

"Saya sangat gembira bahwa Yang Mulia yang telah sejak lama bekerja keras guna mempromosikan pertukaran dan saling pengertian antara kedua negara berdasarkan kepercayaan dan persahabatan yang erat terhadap Jepang," ucapnya.

Advertisement

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, menyampaikan rasa terima kasih kepada Kaisar Jepang yang telah menganugerahkan bintang tanda jasa The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star. Penghargaan itu merupakan kehormatan tidak hanya bagi diri pribadi, tetapi juga masyarakat DIY pada khususnya, dan Indonesia pada umumnya. 

BACA JUGA: Begini Modus Korupsi Eks Dirut RSUD Wonosari yang Rugikan Negara Rp470 Juta

Sultan berharap penghargaan ini semakin meningkatkan hubungan dan interaksi antar masyarakat di Jepang dan Indonesia, selaras dengan saling pengertian antar kedua negara. Menurutnya telah banyak kegiatan yang dilakukan sebagai implementasi dari kerja sama antara DIY dengan Jepang terutama di bidang seni budaya, pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, pariwisata dan industri.

Advertisement

Kerja sama persahabatan (sister province) DIY dengan Pemerintah Prefektur Kyoto telah terjalin sejak 1985 dan merupakan kerja sama antara pemerintah daerah di Indonesia dan pemerintah daerah di luar negeri yang pertama dan terlama.

"Pada 2020 lalu rencananya akan diselenggarakan peringatan 35 tahun kerja sama DIY–Kyoto di Jogja dan Kyoto. Sekaligus dilaksanakan program Sakura Science, yaitu pengiriman pelajar Jogja ke Kyoto. Namun urung dilaksanakan karena pandemi Covid-19," ucap Sultan.

Sultan HB X mengapresiasi Japan International Cooperation Agency (JICA) yang telah memberikan dukungan kepada Pemda DIY dalam hal pembangunan infrastruktur, ekonomi, dan sosial kemasyarakatan, di antaranya pembangunan Sabo Dam Merapi dan kajian zonasi kawasan Candi Prambanan.

Terbaru, JICA akan membantu Pemda DIY untuk melakukan kajian awal kawasan aerotropolis Bandara Internasional Yogyakarta (YIA). Dengan pengalaman, komitmen, dan perhatian yang baik terhadap isu sosial dan ekonomi sebagai dampak pengembangan suatu kawasan. HB X optimistis JICA akan membantu DIY melakukan kajian kawasan aerotropolis, menuju kawasan YIA yang berkualitas dari sisi ekonomi, ekologi, dan sosial kemasyarakatan.

Advertisement

BACA JUGA: Beli Pertalite Pakai Aplikasi Perlu Disosialisasikan Maksimal ke Warga Jogja

"Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Sumitomo Forestry yang telah melakukan proyek rehabilitasi Suaka Margasatwa Paliyan, Gunungkidul sejak 2005 untuk melestarikan hutan dan ekosistem," katanya.

Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI, Abdul Kadir Jailani, mengucapkan selamat kepada Sri Sultan HB X atas penghargaan The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star dari Pemerintah Jepang. Pemerintah Pusat mengapresiasi kontribusi dan peran aktif DIY memperkuat kemitraan dengan Jepang.

"Terutama memperkuat kemitraan strategis RI-Jepang, dalam mempererat persahabatan antara masyarakat kedua negara," ujarnya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polda Jateng Pastikan Tidak Ada Penutupan Jalan Saat Pernikahan Kaesang Erina

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement