Advertisement

Beli Pertalite Pakai Aplikasi Perlu Disosialisasikan Maksimal ke Warga Jogja

Yosef Leon
Selasa, 28 Juni 2022 - 21:17 WIB
Bhekti Suryani
Beli Pertalite Pakai Aplikasi Perlu Disosialisasikan Maksimal ke Warga Jogja SPBU Pertamina. Ilustrasi - Solopos/Nicolous Irawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) DIY menilai pemerintah mesti mengoptimalkan sosialisasi ke masyarakat soal penggunaan aplikasi My Pertamina untuk pembelian pertalite yang rencananya bakal ditetapkan pada awal Juli nanti.

Kota Jogja dipilih menjadi satu dari 11 Kabupaten/Kota yang akan menerapkan kebijakan ini dengan tujuan pengurangan konsumsi pertalite. "Pelaksanaannya kapan kan harus ada sosialisasi juga kepada masyarakat. Mereka kan pengguna soalnya. Kita juga masih bingung bagaimana teknisnya," kata Ketua Dewan Pertimbangan Hiswana Migas DIY Siswanto, Selasa (28/6/2022).

BACA JUGA: Polisi Dituding Salah Tangkap Pelaku Rasjal di Gedongkuning

Pihaknya belum mengetahui apakah kebijakan pembatasan ini bakal berdampak pada penurunan konsumsi pertalite atau tidak. Yang jelas sejak harga pertamax naik, konsumsi pertalite memang melonjak sampai dua kali lipat karena perbedaan harga yang signifikan.

"Konsumsi pertalite ya memang masih tinggi karena disparitas harganya dengan yang lain. Apalagi sejak kenaikan pertamax itu konsumsi pertalite sampai dua kali lipat dan pertamax berkurang pembeliannya," imbuhnya.

Menurutnya, masyarakat sudah lama terkena dengan kebijakan subsidi bahan bakar minyak sejak orde baru lalu. Ia juga mengusulkan agar pertalite dihapus atau dinaikkan harganya untuk mengurangi beban APBN. Hanya saja keberhasilan kebijakan ini ke depan akan bergantung pada sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah.

"Ya bagaimana pemerintah menyosialisasikan program ini di samping kita juga sebagai ujung tombak yang melaksanakan program ini dan masyarakat juga harus diinformasikan agar supaya nanti tidak kaget," jelas Siswanto yang juga sebagai pemilik SPBU ini.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

ICJR Desak Ferdy Sambo Cs Dijerat Pidana Pembunuhan Berencana, Tak Hanya Sanksi Etik

News
| Rabu, 10 Agustus 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Kedung Pengilon, Tak Hanya Jadi Tempat Wisata, Tapi untuk Ritual

Wisata
| Rabu, 10 Agustus 2022, 19:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement