Advertisement

Laboratorium Kalibrasi Perlu Diakreditasi, Ini Manfaatnya..

Sunartono
Kamis, 30 Juni 2022 - 13:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Laboratorium Kalibrasi Perlu Diakreditasi, Ini Manfaatnya.. Penyerahan sertifikat akreditasi laboratorium kalibrasi UII, Rabu (29/6/2022). - Ist/uii.

Advertisement

Harianjogja.com,JOGJA--Laboratorium Kalibrasi memiliki peran penting dalam memberikan layanan kepada masyarakat terkait akurasi berbagai alat industri. Laboratorium yang telah diakreditasi memiliki akurasi lebih maksimal.

Wakil Rektor Bidang Pengembangan Akademik UII Profesor Jaka Sriyana mengatakan pentingnya akreditasi bagi laboratorium kalibrasi. Mengingat kalibrasi memiliki banyak manfaat sebagai penguji ketepatan alat ukur serta untuk menjaga kualitas produk atau bahan baku. Dengan demikian pengukuran akan lebih akurat sehingga operasi industri dapat berjalan dengan aman dan efisien. Tak hanya bidang industri, akreditasi kalibrasi memiliki peran penting dalam proses penelitian

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Akreditasi memiliki peran penting dengan alat kalibrasi kalau hendak melakukan publikasi hasil penelitian sangat dibutuhkan. Kalau alat yang dipakai ambil data tidak dipastikan akurasinya maka berdampak pada data itu valid atau tidak, ini untuk memastikan bahwa data yang diperoleh akurat. Sehingga analisis lanjutan bisa dijamin keakuratannya," kata Jaka dalam rilisnya, Kamis (30/6/2022).

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Kukuh S. Achmad menyatakan akreditasi lab kalibrasi memiliki banyak manfaat dalam memberikan layanan baik di sektor industri maupun pendidikan. Selain itu hasil dari pengujian di lab tersebut telah diakui secara internasional. Oleh karena itu lembaganya mendorong lab kalibrasi perguruan tinggi dapat meningkatkan perannya menuju akreditasi yang lebih baik.

Baca juga: Pandemi Mereda, Mahasiswa Teknik Industri UII Diajak Keliling Eropa

"Laboratorium kalibrasi UII telah mendapatkan akreditasi sehingga ketertelusuran batas hasil penimbangan neraca elektronik yang sudah kalibrasi di lab ini diakui secara internasional dan lebih akurat," ucapnya.

Kepala Laboratorium Terpadu UII, Rudy Syah Putra menyatakan laboratorium dengan akreditasi tersebut maka lab akan memberikan pelayanan Kalibrasi yang sesuai dengan ISO/IEC 17025:2017. Laboratorium Kalibrasi sedang dalam proses penyiapan dokumen ISO/IEC 17043 sebagai Penyelenggara Uji Profisiensi (PUP) kalibrasi Neraca Elektronik.

"Saat ini dukungan kalibrator standar untuk kalibrasi Neraca Elektronik yang telah dimiliki antara lain Anak Timbang kelas E2 (0,1 g-500 g), kelas F1 (1 g-1000 g) dan kelas F2 (1 g-500 g) serta Glass Filter Holmium, Didymium, dan Neutral Density untuk kalibrasi Spektrofotometer UV-Vis," katanya.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polisi Telah Temukan Penyebab Kematian Misterius Keluarga di Kalideres

News
| Senin, 05 Desember 2022, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement