Advertisement

Hendak Beli Pertalite, Masih Banyak Pengemudi yang Kebingungan Mendaftar di MyPertamina

Herlambang Jati Kusumo
Minggu, 03 Juli 2022 - 17:57 WIB
Arief Junianto
Hendak Beli Pertalite, Masih Banyak Pengemudi yang Kebingungan Mendaftar di MyPertamina Ilustrasi. - Bisnis/Felix Jody Kinarwan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Puluhan pengendara roda empat dan lebih di Jogja masih kesulitan untuk mendaftar pendataan BBM bersubsidi di web subsiditepat.mypertamina.id. Sejumlah kendala dihadapi pendaftar yang ingin mengisi data.

Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho mengatakan hingga Sabtu (2/7/2022) pukul 14.00 WIB ada 33 orang yang datang ke booth konsultasi, baik di SPBU Giwangan, Jogja, maupun kantor Sales Area di Jl. Pangeran Mangkubumi No.20, Jogja.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Rata-rata mereka tidak mengerti cara mendaftar sehingga dibantu mendaftar. Sebagian lain hanya bertanya, diberikan flyer, kemudian mengisi di rumah atau di tempat lain," kata Brasto, Sabtu.

BACA JUGA: Dengan Rp75.000, Penonton Jogja Volkswagen Festival 2022 Berkesempatan Dapatkan VW Pak Camat

Brasto mengungkapkan kedua booth tersebut dibuka untuk membantu masyarakat yang kesulitan dalam mendaftar. Petugas di booth itu akan siap menjawab segala pertanyaan terkait dengan pendaftaran di web MyPertamina.

Kedua booth tersebut, kata dia, dibuka mulai 1-31 Juli sejak pukul 09.00 WIB-17.00 WIB. Selain itu bagi masyarakat yang masih kebingungan untuk mendaftar juga bisa bertanya melalui call center Pertamina di nomor 135.

“Jadi bisa dilakukan pengisian di mana saja ya ini. Namun, bagi yang masih bingung kami layani untuk konsultasi dan bantu pengisian. Saat ini juga masih masa pendaftaran, jadi transaksi pembelian BBM masih seperti biasa,” ucap Brasto.

BACA JUGA: 

Advertisement

Brasto mengatakan untuk penerapan pembelian BBM bersubsidi dengan QR Code akan terus dilihat perkembangannya dan dievaluasi.

“Hal yang terpenting adalah dapat QR Code-nya yang didapat setelah pendaftaran. Untuk pembayaran jadi tidak harus menggunakan aplikasi [MyPertamina], masih bisa tunai juga. Namun, kalau mau pakai aplikasi juga bisa,” ujarnya.

Diketahui, untuk mendaftar pengguna kendaraan roda empat atau lebih yang ingin membeli Pertalite atau solar bersubsidi diminta mendaftar lewat web subsiditepat.mypertamina.id dengan melampirkan sejumlah dokumen, seperti KTP, STNK kendaraan, foto kendaraan, alamat surel, dan dokumen lain sebagai pendukung.

Advertisement

Jika seluruh syarat telah dipenuhi, pengguna bisa langsung mengeklik Daftar Sekarang.

Data yang sudah didaftarkan akan diverifikasi atau dicocokan dengan kesesuaian persyaratan. Jika semua terpenuhi maksimal tujuh hari kerja, maka pengguna tersebut akan dinyatakan terdaftar dan menerima QR Code melalui surel, atau melalui notifikasi di web.

Jika menerima notifikasi adanya kekurangan atau ketidakcocokan dokumen, masyarakat bisa mencoba kembali melakukan pengisian data kendaraan dan identitasnya sesuai rekomendasi kekurangan yang ada.

Salah satu orang yang datang berkonsultasi di SPBU Giwangan pada hari pertama, Supardiman mengaku khawatir jika salah dalam pengisian. Sehingga dia memilih untuk datang ke layanan luring.

Advertisement

“Dapat dari baca-baca ada pendaftaran offline, jadi ya ke sini saja. Tadi belum bisa, jadi mau kembali lagi besok saja. Takut salah kalau daftar sendiri. Siap-siap ini baruan mulai dari sekarang, sebelum penerapan nanti,” ucap pria yang sehari-hari sebagai sopir ojek daring itu.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Berdarah Kulonprogo, Ini Profil Wakil Perdana Menteri Malaysia Ahmad Zahid Hamidi

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement