Advertisement

Cari Wisata Alam yang Ramah untuk Anak saat Liburan Sekolah? Coba Destinasi yang Satu Ini

Abdul Hamied Razak
Minggu, 03 Juli 2022 - 20:57 WIB
Arief Junianto
Cari Wisata Alam yang Ramah untuk Anak saat Liburan Sekolah? Coba Destinasi yang Satu Ini Anak-anak mengisi waktu libur sekolah dengan bermain di Sungai Kali Kuning Jembatan Yapah, Karanglo, Sukoharjo, Ngaglik, Sleman, Sabtu (2/7/2022). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN -- Pada liburan sekolah tahun ini wisatawan banyak mengunjungi destinasi-destinasi wisata alam. Salah satunya wisata sungai yang bisa menjadi alternatif pengisi libur anak-anak.

Seperti yang terlihat di wisata Sungai Kali Kuning Jembatan Yapah, Karanglo, Sukoharjo, Ngaglik, Sleman. Sejumlah wisatawan yang didominasi wisata keluarga mendatangi destinasi yang diresmikan sejak 2020 itu.

Salah satunya, Sriyanti, warga Manisrenggo, Klaten. Untuk mengisi waktu libur sekolah, ia sengaja membawa anak-anaknya bermain di sungai tersebut. Selain bersih dan airnya dangkal, wahana di sungai tersebut dinilai cocok untuk anak-anak.

"Ya buat hiburan anak-anak selama libur sekolah. Di sini masih bayar seikhlasnya dan sungainya alami. Ini bisa menjadi wisata alternatif yang murah bagi kami," kata Yanti, Sabtu (2/7/2022).

BACA JUGA: Dieng Culture Festival 2022 Digelar September 2022

Salah seorang pengelola Wisata Sungai Kali Kuning Jembatan Yapah, Martanto mengatakan meskipun wisatawan yang datang tidak sebanyak masa PPKM tahun lalu namun lokasi tersebut masih banyak dikunjungi wisatawan. Warga secara mandiri dan bertahap terus melakukan penataan di kawasan tersebut.

"Memang yang datang tidak terlalu banyak seperti saat awal-awal dibuka. Hingga kini kami tidak meminta biaya masuk bagi pengunjung, hanya menyediakan kotak infak seikhlasnya saja. Hasilnya itu kami gunakan untuk melakukan penataan sarana dan prasarana," katanya.

Sejak dibuka resmi tahun lalu hingya kini, lanjut Tanto, pengurus masih berkonsentrasi melakukan penataan di kawasan tersebut. Penataan dilakukan di sekitar sungai untuk memberikan kenyamanan bagi warga yang berkunjung. Meskipun begitu, berberapa fasilitas seperti gazebo, kamar mandi dan food court sudah tersedia.

"Periode saat ini masih dalam tahap penataan. Kami masih akan melengkapi beberapa gazebo, pelan-pelan yang penting aman dan nyaman dulu apalagi yang datang rata-rata anak-anak," ujarnya.

BACA JUGA: Perawatan, Museum RA Kartini Ditutup Hingga Minggu

Advertisement

Berdasar pantauan Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman pada sejumlah destinasi, jumlah kunjungan meningkat dibandingakan hari-hari sebelum liburan sekolah. "Kalau sebelumnya keramaian hanya pada saat libur Sabtu dan Minggu, saat ini di luar hari liburpun kunjungannya cukup ramai rata-rata kenaikanya 50-70 persen dibanding hari biasa," kata Plt Dispar Sleman Suparmono.

Selain wisata alam, museum saat libur sekolah kembali menjadi destinasi favorit untuk dikunjungi. "Berdasar pemantauan kami untuk Museum Gunung Merapi, Ullen Sentalu, dan Monumen Jogja Kembali dengan titik puncak jumlah kunjungan dalam sehari antara rentang 800-1800an pengunjung," katanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

ICJR Desak Ferdy Sambo Cs Dijerat Pidana Pembunuhan Berencana, Tak Hanya Sanksi Etik

News
| Rabu, 10 Agustus 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Kedung Pengilon, Tak Hanya Jadi Tempat Wisata, Tapi untuk Ritual

Wisata
| Rabu, 10 Agustus 2022, 19:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement