Advertisement

Begini Tahapan Penetapan Gubernur dan Wagub DIY

Sunartono
Senin, 04 Juli 2022 - 19:57 WIB
Bhekti Suryani
Begini Tahapan Penetapan Gubernur dan Wagub DIY Gubernur DIY, Sri Sultan HB X,s aat ditemui wartawan di Kantor Gubernur DIY, Kamis (21/1/2021). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--DPRD DIY membentuk tiga panitia khusus (Pansus) untuk menyiapkan proses penetapan Gubernur DIY. Kinerja pansus ini ditargetkan selesai pada Agustus 2022 untuk menetapkan Sri Sultan HB X sebagai Gubernur DIY periode 2022-2027.

Selanjutnya mengajukan nama tersebut ke Mendagri untuk disahkan dan dilantik sebelum masa jabatan 2017-2022 berakhir. Pemda DIY saat ini sedang menyiapkan LKPJ akhir masa jabatan dan penyusunan visi misi Gubernur DIY untuk lima tahun mendatang.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Ketua DPRD DIY Nuryadi menjelaskan legislatif akan membentuk tiga pansus dalam proses menuju penetapan Gubernur DIY. Tahap pertama akan membentuk pansus tatib penetapan yang di dalamnya membahas teknis dari proses tahapan tersebut.

"Pansus tatib ini pertama yang harus kami bentuk sebagai pijakan, dalam sepekan sudah selesai karena ini teknis dan pasalnya sedikit," katanya didampingi Pimpinan Dewan lainnya usai bertemu dengan Gubernur DIY di Kepatihan, Senin (4/7/2022).

BACA JUGA: Sultan Siap Terjun Damaikan Pihak Bertikai di Babarsari

Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana menambahkan Pansus Tatib Penetapan Gubernur DIY ini akan selesai pada 14 Juli 2022. Di hari tersebut akan digelar rapat paripurna hasil kerja pansus Tatib sekaligus membentuk dua Pansus yaitu Pansus Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Akhir Masa Jabatan Gubernur (LKPJ-AMJ) dan Pansus Penetapan Gubernur DIY. Pansus LKPJ-AMJ ini akan membahas sejumlah capaian Gubernur DIY dalam lima tahun terakhir.

"Sedangkan Pansus Penetapan itu tugasnya mengawal proses penetapan Gubernur. Seperti melakukan verifikasi administrasi," katanya.

Huda menambahkan pemaparan visi misi Gubernur dan Wakil DIY akan dilakukan antara 2 hingga 10 Agustus 2022 mendatang di DPRD DIY. Setelah itu memasuki tahapan bagi DPRD DIY untuk menetapkan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY periode 2022-2027.

Advertisement

"Setelah kami menetapkan nanti kami usulkan pengesahan dan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY ke Pemerintah Pusat. Setelah itu sudah jadi kewenangan pusat," katanya.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menyatakan Pemda DIY saat ini sedang berproses menyiapkan berbagai keperluan untuk menuju penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY. Di antaranya menyiapkan dua LKPJ, yaitu LKPJ AMJ dan LKPJ tahunan yang langsung digawangi oleh Bappeda dan BPKA DIY. Selain itu menyiapkan visi misi yang nantinya akan dipaparkan Gubernur DIY dalam rapat paripurna DPRD DIY.

"Sekarang kami baru menyusun visi misi Bapak Gubernur DIY untuk lima tahun ke depan. Secara umum melanjutkan dari program sebelumnya," katanya.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Berdarah Kulonprogo, Ini Profil Wakil Perdana Menteri Malaysia Ahmad Zahid Hamidi

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement