Advertisement

Songsong IKM, Disdikpora Bantul: Sinyal Internet di Seluruh Sekolah Sudah Siap

Lugas Subarkah
Selasa, 05 Juli 2022 - 19:47 WIB
Arief Junianto
Songsong IKM, Disdikpora Bantul: Sinyal Internet di Seluruh Sekolah Sudah Siap Ilustrasi. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Menjelang tahun ajaran baru 2022-2023 dan penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bantul memastikan jaringan Internet di semua sekolah di Bantul lancar.

Kepala Disdikpora Bantul, Isdarmoko, menjelaskan dalam IKM, salah satu yang ditekankan adalah penggunaan teknologi informasi yang lebih besar dibanding kurikulum sebelumnya. Maka jaringan Internet menjadi penunjang utama dalam pelaksanaan IKM.

BACA JUGA: Kejati DIY Buka Balai Rehabilitasi Pengguna Narkoba, Ini Lokasinya

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Dia memastikan saat ini semua sekolah di Bantul telah memiliki jaringan internet yang memadahi untuk pelaksanaan IKM. “Kalau di sekolah-sekolah Alhamdulillah kami sudah berusaha, sebelumnya untuk ASPD [Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah] di Dlingo sudah dibenahi,” ujarnya, Selasa (5/7/2022).

Di wilayah Kapanewon Dlingo, dia mengakui sebelumnya memang masih ada kendala jaringan Internet di delapan sekolah. Kini sinyal Internet di delapan sekolah sudah bisa terkoneksi Internet.

“Sehingga sekarang kalau di tingkat sekolah rata-rata kalau intern bisa terkoneksi. Karena kami juga sudah uji coba ASPD itu sudah bisa jalan. Nanti ada lagi untuk persiapan asesmen nasional, berbasis komputer. Jadi kalau di sekolah sudah terkondisi,” katanya.

Meski demikian di luar sekolah ia masih menemukan beberapa titik yang belum memiliki jaringan Internet yang memadahi, terutama di wilayah pelosok. Hal ini menjadi kendala ketika para siswa harus mengakses Internet di rumah masing-masing.

Beberapa wilayah yang masih terkendala jaringan internet ini seperti di Dlingo, Pandak dan Pundong. Kendala itu sangat terasa ketika pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) karena setiap hari pembelajaran dilakukan dari rumah.

Sementara untuk pelaksanaan IKM kedepan akan lebih banyak di sekolah, sehingga dengan sudah terkoneksikannya semua sekolah diharapkan IKM bisa berjalan lancar.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejari Purwokerto Tangkap Buronan Kejati Maluku Utara

News
| Kamis, 29 September 2022, 03:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement