Advertisement

Puluhan Ternak Dibagi-bagikan Kepada Warga Kulonprogo

Catur Dwi Janati
Jum'at, 08 Juli 2022 - 20:47 WIB
Bhekti Suryani
Puluhan Ternak Dibagi-bagikan Kepada Warga Kulonprogo Penyerahan simbolis bantuan hewan kurban dari Panitia Kurban Pemkab Kulonprogo kepada masyarakat pada Jumat (8/7/2022)-Ist - Diskominfo Kulonprogo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO- Pemkab Kulonprogo kembali menyalurkan sejumlah hewan kurban dari sejumlah donatur kepada masyarakat dalam menyambut Hari Raya Iduladha tahun ini. Tercatat puluhan hewan kurban dibagikan kepada masyarakat Kulonprogo tahun ini.

Asisten Pemerintahan dan Kesra, Setda Kulonprogo, Jazil Ambar Was'an dalam laporannya menyampaikan ada banyak sekali proposal permintaan hewan kurban dari masyarakat yang masuk ke Pemkab Kulonprogo tahun ini. Jazil yang juga Ketua Panitia Kurban Kulonprogo menyebutkan dalam Iduladha tahun ini ada enam ekor sapi dan 19 ekor kambing yang disalurkan kepada masyarakat.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Perolehan pengumpulan hewan kurban tahun 2022 adalah sejumlah enam ekor sapi, termasuk bantuan hewan kurban dari Gubernur DIY dan Pj. Bupati Kulon Progo, serta juga ada Kambing sejumlah 19 ekor," tandas Jazil pada Jumat (8/7/2022).

BACA JUGA: Tiga Paguyuban Warga Meminta Maaf Atas Kerusuhan Babarsari

Tidak hanya dari sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD), sejumlah pihak swasta pun ikut berpartisipasi menyalurkan hewan kurbannya melalui Pemkab Kulonprogo. Semua hewan kurban yang telah terkumpul ini nantinya akan disalurkan ke sejumlah masjid, panitia kurban, organisasi hingga sekolah yang telah mengajukan proposal. Lokasinya tersebar di berbagai Kapanewon di Kulonprogo.

"Kepada calon penerima diharapkan dapat melaksanakan amanah yang diberikan dari para donatur. Dan kegiatan penyembelihan serta distribusi daging kurban agar mengikuti peraturan dari pemerintah yang telah ditetapkan," tegasnya.

Penjabat Bupati Kulonprogo, Tri Saktiyana menambahkan bila seluruh hewan kurban dari para donatur sudah diperiksa dan dalam keadaan sehat serta memenuhi syarat untuk dikurbankan. "Hewan kurban sudah diterima langsung oleh takmir masjid atau panitia kurban dan cukup merata," ujarnya

Saktiyana berharap hewan kurban yang disalurkan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Kulonprogo. Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk memperlakukan hewan kurban secara hati-hati dan waspada, mengingat adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"PMK tidak menular ke manusia atau bukan kategori zoonosis tapi menular dari binatang ke binatang. Walaupun begitu kita harus tetap mmemperlakukan hewan kurban lebih baik," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Awal Tahun 2023, DPRD Kabupaten Magelang Setujui 3 Raperda

News
| Kamis, 02 Februari 2023, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Seru! Ini Detail Paket Wisata Pre-Tour & Post Tour yang Ditawarkan untuk Delegasi ATF 2023

Wisata
| Rabu, 01 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement