Advertisement

Keren! Petani di Wilayah Sleman Ini Semprot Padi Pakai Drone

Anisatul Umah
Kamis, 14 Juli 2022 - 21:27 WIB
Arief Junianto
Keren! Petani di Wilayah Sleman Ini Semprot Padi Pakai Drone Pesawat nirawak (drone) tengah disiapkan untuk melakukan penyemprotan di sawah yang berada di Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Kamis (14/7/2022). - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN -- Penyemprotan tanaman padi di Wedomartani, Ngemplak, Sleman dilakukan menggunakan pesawat nirawak (droneuntuk mencegah gangguan organisme pengganggu tumbuhan (OPT). Inovasi itu dilakukan Pemkab Sleman dengan menggandeng Frogs Solusi Indonesia. 

Pelaksanaan Gerakan Pengendalian (Gerdal) OPT ini dilakukan bersama Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan (DP3) Sleman serta petugas pengendali organisme pengganggu tumbuhan (POPT). Lalu penyuluh Pertanian BPP Wedomartani, serta Kepala Dukuh Wedomartani.

Advertisement

BACA JUGA: PT. BPRS Mitra Cahaya Indonesia Berubah Nama

Pengendalian ini dilakukan dengan drone spraying Frogs Solusi Indonesia menggunakan agen hayati yang disuplai oleh Dinas Pertanian Sleman.

Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Wedomartani, Winaryo mengatakan adanya kegiatan Gerdal OPT padi di Wedomartani menggunakan drone sangat membantu para petani di lingkungannya.

"Penyemprotan menggunakan drone ini dirasa lebih efektif dan kami tidak akan merasa kesulitan untuk mengemudikan karena sudah lengkap dengan pilotnya juga," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (14/7/2022).

Menurutnya penggunaan drone untuk penyemprotan bisa mencapai satu hektare hanya dalam kurun waktu 15 menit. Sementara jika penyemprotan dilakukan secara manual waktu yang dibutuhkan lebih lama.

"Selain itu, data misi yang diambil sebelum penyemprotan, dapat disimpan dan digunakan untuk penyemprotan selanjutnya," lanjutnya.

Senada, Koordinator Petugas POPT Kabupaten Sleman, Suharno menjelaskan saat ini kebutuhan tenaga kerja untuk melakukan penyemprotan manual lebih sulit untuk ditemukan. Diharapkan melalui teknologi drone bisa meningkatkan produktivitas pertanian.

"Penyemprotan menggunakan drone lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan manual," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 8 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement