Advertisement

Begini Kesan Mahasiswa Asing Saat Pelajari Sistem Pemerintahan Indonesia

Sunartono
Selasa, 19 Juli 2022 - 13:57 WIB
Bhekti Suryani
Begini Kesan Mahasiswa Asing Saat Pelajari Sistem Pemerintahan Indonesia Pertemuan daring melibatkan mahasiswa asing dalam kegiatan International Government and Politics Summer School (3rd IGOPSS). - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Sebanyak 43 mahasiswa dari berbagai negara belajar sistem pemerintahan di Indonesia melalui International Program of Government Affairs and Administration (Igov) UMY. Sejumlah mahasiswa mengaku terkesan saat mempelajari sistem pemerintahan di Indonesia. Kegiatan itu merupakan rangkaian International Government and Politics Summer School (3rd IGOPSS) dengan mengusung tema Collaborative Governance: Preparing and Responding the Open Government Management.

Salah satu mahasiswa asal Bukidnon State University, Filipina Kenlipugan Cumonong mengaku senang bisa ikut belajar sistem pemerintahan dan kondisi sosial budaya Indonesia meski hanya dua peman. Ia berharap saling berdiskusi dengan mahasiswa dari berbagai negara bisa menemukan solusi atas permasalahan yang ada untuk menjadikan dunia ini lebih baik.

"Saya berharap bisa mengetahui open government dari seluruh perspective dunia termasuk Indonesia yaitu Culture Governance berbasis inovative dan berkelanjutan kebijakan publik," katanya Selasa (19/7/2022).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Direktur Igov UMY Sakir Ridho Wijaya mengatakan mahasiswa asing diberikan kesempatan untuk mempelajari sistem pemerintahan Indonesia. Tujuannya memahami secara mendalam sistem pemerintahan Indonesia serta  budaya dan sosial. Menurutnya 3rd IGOPSS untuk tahun ini digelar secara virtual lewat Zoom Meetings. Acara 3rd IGOPSS, kata Sakir berlangsung dari 14 hingga 21 Juli 2022 dan diikuti puluhan mahasiswa asing dari beberapa negara seperti dari Eropa, Timur Tengah dan Asia Tenggara.

"Pertemuan ini para mahasiswa bisa saling bertukar pikiran tentang pemerintahan hingga sosial budaya," katanya.

BACA JUGA: Kekayaan Elon Musk Tembus US$220 Miliar, Masih Paling Tajir

Dekan Fisipol UMY Takdir Ali Mukti forum itu memberikan manfaat bagi studi dan jejaring mahasiswa di masa mendatang. Selain itu dapat menjaga relasi dengan mahasiswa negara lain bisa dijaga dengan baik.

"Karena para mahasiswa saat ini adalah leader masa depan pengganti kami di masa mendatang," ujarnya. (Sunartono)

Advertisement


 

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini

Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini

Jogjapolitan | 6 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pengumuman Pertama Lelang Eksekusi Harta Pailit

News
| Rabu, 05 Oktober 2022, 16:02 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement