Advertisement

Tour de Prambanan Libatkan 1.270 Pesepeda, Ribuan Lain Masuk Waiting List

Abdul Hamied Razak
Rabu, 27 Juli 2022 - 22:17 WIB
Budi Cahyana
Tour de Prambanan Libatkan 1.270 Pesepeda, Ribuan Lain Masuk Waiting List 1.270 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia akan mengikuti Tour de Prambanan 2022. Rencana itu disampaikan saat jumpa pers di Taman Sari, The Jayakarta Hotel & Spa, Rabu (27/7/2022). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMANTour de Prambanan kembali digelar setelah dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19. Gelaran tahunan yang digelar pada Sabtu (30/7/2022) ini diikuti 1.270 pesepeda.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman Kus Endarto mengatakan Tour de Prambanan tahun ini tidak hanya menyusuri keindahan Sleman. Peserta juga akan diajak berkeliling dari Kabupaten Bantul hingga Kulonprogo. Pemandangan di tiga kabupaten akan dinikmati oleh seluruh peserta.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

BACA JUGA: Di Jalur Pansela Gunungkidul, Kampung Jadi Puing dan Rumah Beralih Megah

“Setiap event yang digelar menjadi ajang promosi daerah. Para peserta yang terlibat berasal dari luar DIY. Mereka yang mengikuti event bisa meningkatkan promosi destinasi dan kuliner,” katanya saat jumpa pers Tour de Prambanan di Taman Sari, The Jayakarta Hotel & Spa, Rabu (27/7) petang.

Dia mengatakan Tour de Prambanan 2022 adalah hasil kolaborasi bersama Pemkab Sleman melalui Badan Promosi Pariwisata Sleman (BPPS), Ganefo Olympic Center (GOC), dan Pengurus Daerah ISSI DIY. Tour de Prambanan 2022 adalah upaya BPPS dalam menangkap geliat pecinta olahraga sepeda terutama jenis sepeda balap.

“Pada Tour de Prambanan tahun ini kami mengusung tema Jogja Bisa! yang merupakan rangkaian gelaran Road to Porda XVI dan Peparda III DIY. Kebetulan Sleman sebagai tuan rumahnya. Event ini digelar juga untuk mendukung pemerintah dalam untuk memulihkan dunia pariwisata dan ekonomi di DIY paska pandemi,” katanya.

Ketua Umum Ganefo Olympic Center (GOC) Syukron Arif Muttaqin menambahkan Tour de Prambanan yang digelar kali keempat ini panitia melakukan perubahan jarak tempuh sejauh 128 KM.

“Pada event pertama dan kedua, jarak tempuhnya hanya 100 kilometer dan event ketiga sejauh 115 kilometer,” katanya.

Advertisement

Syukron mengatakan pada ajang tahunan kali ini Tour de Prambanan tidak diselenggarakan pada Minggu seperti kebiasaan sebelumnya. Pelaksanaannya digelar pada Sabtu (30/7/2022) dengan harapan untuk mendorong length of stay (masa tinggal) kunjungan wisatawan. Sebab, peserta Tour de Prambanan kebanyakan dari berbagai kota di seluruh Indonesia selain Jogja dan kabupaten lain di DIY

Jumlah peserta Tour de Prambanan 128KM,  hingga ditutupnya waktu pendaftaran sebanyak 1.270 dengan total waiting list lebih dari seribu orang. Para peserta berasal  dari 208 komunitas balap sepeda dari Seluruh Indonesia.

BACA JUGA: Menelusuri Jejak Keislaman di Kraton Jogja dan Kadipaten Pakualaman

Advertisement

Perwakilan dari Pengurus Daerah ISSI DIY Abdurrahman menyatakan Tour de Prambanan 2022 dibagi menjadi dua kategori, race dan non race. Kelas race mempertandingkan kejuaraan khusus king and queen of mountain. Peserta diadu kekuatan dan kecepatan untuk rute mendaki. Jarak tempuh kelas race sejauh 10 kilometer.

Tour de Prambanan tahun ini memperebutkan total hadiah Rp80 juta, trofi, dan doorprize,” katanya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadwal KRL Jogja Solo, Jumat (9/12/2022)

News
| Jum'at, 09 Desember 2022, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Ikut Genjot Kualitas SDM Desa Wisata, Ini yang Dilakukan oleh BCA

Wisata
| Kamis, 08 Desember 2022, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement