Advertisement

Kali Pertama, UGM Pilih Wakil Rektor Seorang Praktisi dari Luar Kampus

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 01 Agustus 2022 - 09:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kali Pertama, UGM Pilih Wakil Rektor Seorang Praktisi dari Luar Kampus Pelantikan Wakil Rektor UGM periode 2022-2027 di ruang Balai Senat, Gedung Pusat UGM - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Sebanyak lima orang telah dilantik menjadi Wakil Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM). Untuk pertama kalinya, ada wakil rektor yang dipilih dari kalangan praktisi dari luar kampus UGM.

Pelantikan dilakukan langsung oleh Rektor UGM Ova Emilia pada 29 Juli 2022 lalu. Ova Emilia melantik wakil rektor baru untuk masa bakti 2022-2027 di ruang Balai Senat, Gedung Pusat UGM.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Kelima Wakil Rektor yang dilantik tersebut adalah Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran Prof. Dr. Wening Udasmoro, S.S., M.Hum., DEA; Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengembangan Usaha dan Kerja Sama Ignatius Susatyo Wijoyo, M.M; Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian kepada Masyarakat dan Alumni Dr. Arie Sujito, S.Sos., M.Si.

Selanjutnya Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Keuangan Prof. Supriyadi, M.Sc., Ph.D., CMA., CA., Ak dan Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Aset, dan Sistem Informasi Arief Setiawan Budi Nugroho, S.T., M.Eng., Ph.D. Kelima Wakil Rektor yang baru ini menggantikan para Wakil Rektor periode 2017-2022. 

Baca juga: REKTOR BARU UGM: Setelah 55 Tahun, UGM Kembali Dipimpin Dokter

Rektor menjelaskan bahwa komposisi wakil rektor periode 2022-2027 kali ini berbeda dari yang sebelumnya karena mengombinasikan para kalangan akademisi dan praktisi. “Pertama kali UGM membuat terobosan. Sinergi dari dua kekuatan ini harapannya akan menjadi daya dorong transformasi untuk membangun negeri tanpa menanggalkan keutamaan jati diri UGM, dalam mewujudkan pendidikan transdisiplin yang unggul, inovatif, inklusif, dan aplikatif,” katanya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, belum lama ini.

Kalangan praktisi yang dimaksud oleh rektor adalah Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengembangan Usaha dan Kerja Sama yang diemban Ignatius Susatyo Wijoyo, M.M., merupakan kalangan praktisi dari luar kampus UGM. Menurutnya pemilihan figur praktisi tersebut dimaksudkan untuk mewujudkan reputasi akademik yang unggul melalui penelitian translasional yang inovatif, produktif dan berdampak bagi masyarakat.

Ladang Ibadah

Advertisement

Rektor Ova menyampaikan ucapan selamat kepada para wakil baru yang baru dilantik agar bisa mengemban amanah dengan penuh kedisiplinan dan tanggung jawab. Sebab penghormatan, tanggung jawab dan kepercayaan yang telah diberikan menjadi marwah yang harus dijaga selama menjalankan tugas, dalam satu kesatuan tim kerja. “Tentunya jalani seluruh proses kepemimpinan ini sebagai ladang ibadah yang lekat dengan pertanggungjawaban dan jiwa pelayanan untuk memajukan Universitas Gadjah Mada,” paparnya.

Rektor menegaskan bahwa UGM memiliki tantangan besar untuk menghadapi kompleksitas perubahan lingkungan di masa depan. Sebagai PTNBH, UGM bukanlah entitas tunggal, namun merupakan institusi akademik dengan tiga atau empat darmanya. Karakter yang kuat ini menjadi tantangan tersendiri bagi UGM agar mampu memberdayakan entitas tersebut menjadi potensi besar untuk menggapai visi misi. Oleh karenanya, perubahan tata kelola dalam periode kepemimpinan ini menjadi sebuah kebutuhan untuk membawa UGM menjadi organisasi yang lebih dinamis dan produktif.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadwal KRL Jogja Solo, Jumat (9/12/2022)

News
| Jum'at, 09 Desember 2022, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Ikut Genjot Kualitas SDM Desa Wisata, Ini yang Dilakukan oleh BCA

Wisata
| Kamis, 08 Desember 2022, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement