Advertisement

Sudah Final, Trase Tol Jogja-YIA Belum Bisa Diungkap ke Publik

Sunartono
Selasa, 02 Agustus 2022 - 20:17 WIB
Budi Cahyana
Sudah Final, Trase Tol Jogja-YIA Belum Bisa Diungkap ke Publik Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJATrase atau jalur dan desain Tol Jogja-Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) telah ditentukan tetapi belum bisa diungkap ke publik.

Secara detail jalur yang dilewati proyek pembangunan jalan tol ini akan disampaikan ke masyarakat terdampak melalui tahapan sosialisasi. Saat ini perkembangan pembangunan Jogja-YIA baru dalam penerbitan Izin Penetapan Lokasi (IPL) berproses di Pemda DIY. 

BACA JUGA: Dear Moms, Cermati Tips Tingkatkan Kualitas Pola Asuh Anak Berkualitas

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Tol Jogja-YIA dan Jogja-Solo Dian Ardiansyah menjelaskan penerbitan IPL tol Jogja-YIA saat ini sedang diproses di Pemda DIY. Update terakhir, beberapa hari lalu Satker PJBH Jogja-YIA telah melakukan rapat bersama Pemda DIY serta menghadirkan Kanwil Kemenkumham. Dalam rapat tersebut, seluruh dokumen IPL yang diajukan oleh Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR memenuhi syarat. 

“Kami kemarin rapat dengan Dispertaru Propinsi DIY dan Biro Hukum DIY, dihadiri juga perwakilan dari Kanwil Kemkumham. Hasilnya dinyatakan bahwa syarat IPL sudah dipenuhi dan dapat dilanjutkan ke proses berikutnya,” katanya kepada Harianjogja.com, Selasa (2/7/2022). 

Sejumlah tahapan yang akan dilalui selanjutnya adalah pembentukan panitia pengadaan tanah atau pembebasan lahan untuk pembangunan Tol Jogja-YIA. Kemudian tim panitia tersebut akan melakukan sosialisasi ke masyarakat terdampak pembangunan. 

“Tahapan selanjutnya adalah pembentukan panitia persiapan pengadaan tanah dan dilanjutkan dengan sosialisasi. Kami menunggu jadwal dari Dispertaru DIY, nanti termasuk jadwal-jadwalnya,” kata dia. 

Dian memastikan trase Tol Jogja-YIA sudah ditentukan. Perencanaan trase tersebut tanpa harus melalui proses sosialisasi lebih dahulu dan masuk dalam dokumen perencanaan yang diajukan ke Gubernur DIY untuk permohonan IPL. Meski demikian ia belum dapat membeberkan detail jalurnya mana saja yang akan dilewati tol Jogja-YIA. Titik-titik terdampak akan diumumkan ke publik pada saat nanti sosialisasi ke masyarakat. 

“Mengenai trase, sejauh pengertian saya sudah fixed [ditentukan] namun kami tidak bisa membuka jalur mana saja yang dilewati. Karena memang bukan wewenang kami, nanti saat sosialisasi akan dibuka [ke masyarakat],” katanya. 

Selain trase, menurutnya desain juga sudah ditentukan.

Advertisement

Sebelumnya Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan ada sejumlah hal yang menjadi pertimbangan dalam menerbitkan kebijakan IPL Tol Jogja-YIA. Antara lain dengan mengupayakan usulan ke Pemerintah Pusat agar trase Jogja-YIA tidak terlalu banyak berdampak secara sosial. Selain itu, karena kawasan yang akan dilalui ini banyak permukiman sehingga akan lebih baik jika bisa dihindari. Akan tetapi, Aji menilai hal itu nantinya sangat tergantung kondisi di lapangan. 

“Pertama supaya dampak sosial tidak terlalu banyak. Kemudian menghindari kawasan situs, karena ke arah barat banyak permukiman penduduk, banyak pasar juga. Ini yang harus berhitung betul supaya sesedikit mungkin untuk memindahkan penduduk,” katanya. 

BACA JUGA: Antisipasi Terulangnya Pemaksaan Jilbab, Dewan Pendidikan DIY Siapkan Pendidikan Kejogjaan

Advertisement

Selain itu, dengan mempertimbangkan status lahan yang akan dilewati. Salah satunya agar trase tidak bentrok dengan lahan yang dipakai untuk proyek strategis pemerintah di sektor lain. Jika ternyata sudah dipakai untuk program lain tentunya harus dihindari karena ada sejumlah titik kawasan di Kulonprogo yang menjadi pengembangan YIA

“Selain itu, kami mempertimbangkan status tanah yang akan dilewati. Apakah lahan itu sudah ada untuk rencana strategis lain atau belum. Misalnya sini untuk jalan tol, siapa tahu pemerintah pusat atau daerah punya rencana pemanfaatan lahan tersebut. Ini termasuk bagian dari yang akan kami kroscek,” ucapnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

News
| Rabu, 17 Agustus 2022, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Tiket Masuk Borobudur dan Pulau Komodo Naik, Sandiaga Uno: Tidak Semua Tiket Destinasi Naik!

Wisata
| Senin, 15 Agustus 2022, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement